Jumat, 30 Maret 2012

Berkunjung ke SDN 54 Tanjung Lansek


Guru SDN 49 Lareh Nan Gadang melakukan jalan - jalan ke SDN 54 Tanjung Lansek yang jaraknya jauh dari pusat Kecamatan. Walaupun cuma sekali sekali guru SDN 49 Lareh Nan Gadang ikut merasakan jauh dan besarnya pengorbanan teman - teman yang mengajar di dalam dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Mereka berkata kami tetap tersenyum demi anak Bangsa.............

Selasa, 20 Maret 2012

KKG bermutu di SDN 49 Lareh Nan Gadang

 KKG bermutu gugus IV Kecamatan Lintau Buo Utara pada tanggal 20 Maret 2012 di laksanakan di SDN 49 Lareh Nan Gadang. Dalam KKG ini guru menampilkan cara mengajar dengan menggunakan teknik mengajar yang membuat siswa bisa aktif dalam pembelajaran. Dengan kegiatan ini diharapkan guru SDN 49 Lareh Nan Gadang dan guru - guru gugus IV bisa menerapkan apa yang telah di dapatkan di KKG di dalam proses pembelajaran di sekolah masing - masing. Sehingga siswa senang dalam proses belajar mengajar.

Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) Kepala Sekolah SDN 49 Lareh Nan Gadang


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

Keberhasilan proses pembelajaran sebagai proses pendidikan di suatu sekolah dipengaruhi oleh banyak faktor. Faktor-faktor yang dimaksud misalnya guru, siswa, kurikulum, lingkungan sosial, dan lain-lain. Namun dari faktor-faktor itu, guru dan siswa faktor terpenting. Pentingnya faktor guru dan siswa tersebut dapat dirunut melalui pemahaman hakikat pebelajaran, yakni sebagai usaha sadar guru untuk membantu siswa agar dapat belajar dengan kebutuhan minatnya.
Di Indonesia kesadaran akan pentingnya pendidikan telah disadari sejak lama sebagaimana termaksuk dalam UUSPN No. 20 pasal I ayat I Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses belajar agar peserta didik secara aktif membangun potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat bangsa dan negara.

Senin, 19 Maret 2012

Upacara Bendera di SDN 49 Lareh Nan Gadang

Kepala sekolah SDN 49 Lareh Nan Gadang menjadi pembina Upacara Bendera pada hari senin dengan memberi nasehat kepada siswa yang mengukuti kegiatan upacara bendera.

Pendidikan Karakter Bangsa

Pendidikan Karakter Bangsa
Pendidikan Karakter Bangsa adalah pendidikan yang mengembangkan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa pada diri peserta didik sehingga mereka memiliki dan menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan dirinya, sebagai anggota keluarga, masyarakat, dan warga negara yang religius, nasionalis, produktif, kreatif dan inovatif.

Secara programatik pendidikan  karakter bangsa di sekolah adalah usaha bersama semua guru dan kepala sekolah melalui semua mata pelajaran dan budaya sekolah dalam membina dan mengembangkan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa pada peserta didik. Pembinaan dan pengembangan pendidikan karakter bangsa terjadi melalui proses aktif peserta didik di bawah bimbingan guru dalam kegiatan belajar.

Tantangan Menuju Kota Perjuangan


Dulu, beginilah tantangan menuju kancah pengabdian guru-guru Mawar, Tanjung Lansek Dan Pamasihan kec. Lintau Buo Utara. Jarak tempuh yang tak lebih dari 15KM memakan waktu 1.5 Jam, hal ini disebabkan kondisi jalan yang berlumpur apalagi dimusim hujan namun mereka tetap tersenyum dengan  semangat yang  tiada pudar demi mencerdaskan anak bangsa.

Sekarang hal itu  telah berubah. Atas perhatian pemerintah terhadap masyarakat dan Pendidikan di Kabupaten Tanah Datar, jarak tempuh 15Km itu sudah bisa dilalui dalam waktu 20Menit.  Masyarakatpun   merasa lega karena transportasi sudah lancar meskipun kondisi cuaca kurang baik

Sabtu, 17 Maret 2012

RPP Bahasa Indonesia Kelas I Sampai VI

RPP merupakan perangkat pembelajaran yang harus disiapka guru sebelum mengajar. RPP Bahasa Indonesia kelas I sampai Kelas Vi  download disini

Jumat, 16 Maret 2012

SDN 49 Lareh Nan Gadang

KKG BERMUTU TUANKU LINTAU DAN KKG SARIBU LABIAH

Ketua KKG bermutu Tuanku Lintau dan Ketua KKG bernutu Saribu Labiah saling membantu dalam kegiatan pelaksanaan KKG bermutu di Kecamatan Lintau Buo Utara dalam meningkatkan kualitas tenaga pendidik di Gugus IV dan gugus V.

MATERI AJAR KELAS IPA IV



BAB I
Fungsi Alat Tubuh Manusia


Kompetensi Dasar   : 1.1 Mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya.
Tujuan Pembelajaran
1. Melalui pembelajaran  Siswa dapat Mendeskripsikan rangka manusia seperti:
ü  rangka kepala
ü  rangka badan
ü  rangka anggota gerak
ü  sendi
2.    Melalui pembelajaran ini Siswa dapat Mendeskripsikan fungsi rangka manusia
3.    Melalui pembelajaran iniSiswa dapat memahami hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya.
4.    Melalui pembelajaran ini Menjelaskan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya.

Pamuka Di SDN 49 Lareh Nan Gadang Kecamatan Lintau Buo Utara

SALAM PRAMUKA..........
Kegiatan Pramuka di SDN 49 Lareh Nan Gadang dilaksanakan 2 kali dalam seminggu yang dibina oleh kakak Novita Imra dan kakak Riki Rinaldi, S.Pd dan kakak - kakak dari DKR Lintau Buo Utara. siswa sangat tertarik dengan kegiatan pramuka yang dilakukan. Dalam kegiatan Ini Kepala Sekolah Bapak Erinal, S.Pd juga ikut serta dalam kegiatan ini. Menejemen yang diterapkan Kepala sekolah sangat memotivasi kakak - kakak pembina dan siswa untuk meningkatkan prestasi pramuka SDN 49 Lareh Nan Gadang dan Kecamatan Lintau Buo Utara.

Rabu, 14 Maret 2012

PAIKEM (PEMBELAJARAN AKTIF INOVATIF KREATIF EFEKTIF DAN MENYENANGKAN

Pengertian PAIKEM
PAIKEM adalah singkatan dari Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. Aktif dimaksudkan bahwa dalam proses pembelajaran guru harus menciptakan suasana sedemikian rupa sehingga siswa aktif bertanya, mempertanyakan, dan mengemukakan gagasan.
Pembelajaran inovatif bisa mengadaptasi dari model pembelajaran yang menyenangkan. Learning is fun merupakan kunci yang diterapkan dalam pembelajaran inovatif. Jika siswa sudah menanamkan hal ini di pikirannya tidak akan ada lagi siswa yang pasif di kelas, perasaan tertekan dengan tenggat waktu tugas, kemungkinan kegagalan, keterbatasan pilihan, dan tentu saja rasa bosan.

6 Keunggulan Kontruktivime dalam Pembelajaran


Berikut ini diberikan 6 keunggulan penggunaan pandangan konstruktivisme dalam pembelajaran di sekolah, yaitu:
  1. Pembelajaran berdasarkan konstruktivisme memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengungkapkan gagasan secara eksplisit dengan menggunakan bahasa siswa sendiri, berbagi gagasan dengan temannya, dan mendorong siswa memberikan penjelasan tentang gagasannya.
  2. pembelajaran berdasarkan konstruktivisme memberi pengalaman yang berhubungan dengan gagasan yang telah dimiliki siswa atau rancangan kegiatan disesuaikan dengan gagasan awal siswa agar siswa memperluas pengetahuan mereka tentang fenomena dan memiliki kesempatan untuk merangkai fenomena, sehingga siswa terdorong untuk membedakan dan memadukan gagasan tentang fenomena yang menantang siswa.
  3. pembelajaran konstruktivisme memberi siswa kesempatan untuk berpikir tentang pengalamannya. Ini dapat mendorong siswa berpikir kreatif, imajinatif, mendorong refleksi tentang model dan teori, mengenalkan gagasan-gagasanpada saat yang tepat.
  4. pembelajaran berdasarkan konstruktivisme memberi kesempatan kepada siswa untuk mencoba gagasan baru agar siswa terdorong untuk memperoleh kepercayaan diri dengan menggunakan berbagai konteks, baik yang telah dikenal maupun yang baru dan akhirnya memotivasi siswa untuk menggunakan berbagai strategi belajar.
  5. pembelajaran konstruktivisme mendorong siswa untuk memikirkan perubahan gagasan merka setelah menyadari kemajuan mereka serta memberi kesempatan siswa untuk mengidentifikasi perubahan gagasan mereka.
  6. pembelajaran konstruktivisme memberikan lingkungan belajar yang kondusif yang mendukung siswa mengungkapkan gagasan, saling menyimak, dan menghindari kesan selalu ada satu jawaban yang benar.

Ciri Model Pembelajaran Kooperatif

Ciri Model Pembelajaran Kooperatif

Muhammad Faiq Dzaki

Model Pembelajaran Kooperatif pada umumnya memiliki ciriciri sebagai berikut :
a. Siswa bekerja dalam kelompok secara kooperatif umtuk menuntaskan materi belajarnya.
b. Kelompok dibentukdari siswa yang memiliki kemampuan tinggi, sedang dan rendah.
c. Bilamana mungkin, anggota kelompok berasal dari ras, bangsa, suku, dan jenis kelamin yang berbeda-beda.
d. Penghargaan lebih berorientasi kepada kelompok daripada individu.

Kunjungan Mahasiswa KKN

SDN 49 Lareh Nan Gadang Mendapat Kunjungan Mahasiswa KKN dari Universitas Bung Hatta. Dengan adanya hal tersebut sekolah bangga bisa membantu mahasiswa dalam menjalankan program KKN yang telah di susun. pihak sekolahpun merasa terbatu dengan adanya mahasiswa KKN di sekolah.

Perpisahan Kelas VI Tahun Ajaran 2010/2011

 Perpisahan Siswa Kelas VI Tahun Ajaran 2010/2011 Berlangsung sangat haru. Siswa dan guru berurai air mata. Pesan guru mu "Tuntutlah Ilmu setinggi tingginya. (Long Live Education, Manal Mahdi Ilallahdi,)" Kenanglah selalu sekolah mu. Selamat jalan Anak - anak ku........

Selasa, 13 Maret 2012

RAKERAN PRAMUKA

Kelompok Pembina Pramuka Nan selalu giat pantang menyerah untuk kemajuan Pramuka Lintau Buo Utara.....

KKG Bermutu di SDN 03 Tuanku Lareh

Guru SDN 49 Lareh Nan Gadang bersama guru - guru di Gugus IV Tuanku Lintau sedang mengikuti KKG  bermutu di SDN 03 Tuankun Lareh Kecamatan Lintau Buo Utara. Dengan adanya KKG bermutu ini guru SDN 49 Lareh Nan Gadang bisa meningkatkan Kompetensinya untuk terus mewujudkan tujuan Pendidikan Nasional.

SDN 49 Lareh Nan Gadang, Kecamatan Lintau Buo Utara

PBM di Kelas V.....

Kompetensi Guru

STANDAR KOMPETENSI GURU

NO. KOMPETENSI INTI GURU KOMPETENSI GURU KELAS
I. Kompetensi Pedagodik
1 Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual. 1.1 Memahami karakteristik peserta didik usia sekolah dasar yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya. 1.2 Mengidentifikasi potensi peserta didik usia sekoiah dasar dalam lima mata pelajaran SD/MI.
1.3 Mengidentifikasi kemampuan awal peserta didik usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran SD/MI.
1.4 Mengidentifikasi kesulitan peserta belajar usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran SD/MI.
2 Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik. 2.1 Memahami berbagai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik terkait dengan lima mata pelajaran SD/MI. 2.2 Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam lima mata pelajaran SD/MI.
2.3 Menerapkan pendekatan pembelajaran tematis, khususnya di kelas-kelas awal SD/MI.
3 Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu. 3.1 Memahami prinsip-prinsip pengembangan kurikulum. 3.2 Menentukan tujuan lima mata pelajaran SD/MI.
3.3 Menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan lima mata pelajaran SD/MI.
3.4 Memilih materi lima mata pelajaran SD/MI yang terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran.
3.5 Menata materi pembelajaran secara benar sesuai dengan pendekatan yang dipilih dan karakteristik peserta didik usia SD/MI.
3.6 Mengembangkan indikator dan instrumen penilaian.
4 Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik. 4.1 Memahami prinsip-prinsip perancangan pembelajaran yang mendidik. 4.2 Mengembangkan komponen-komponen rancangan pembelajaran.
4.3 Menyusun rancangan pembelajaran yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan.
4.4 Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium, dan di lapangan.
4.5 Menggunakan media pembelajaran sesuai dengan ka-rakteristik peserta didik dan lima mata pelajaran SD/ MI untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh.
4.6 Mengambil keputusan transaksional dalam lima mata pelajaran SD/MI sesuai dengan situasi yang berkembang.
5 Memanfaatkan teknologi in-formasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran. 5.1 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran.
6 Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki. 6.1 Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi belajar secara optimal. 6.2 Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mengaktualisasikan potensi peserta didik, termasuk kreativitasnya.
7 Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik. 7.1 Memahami berbagai strategi berkomunikasi yang efektif, empatik, dan santun, baik secara lisan maupun tulisan. 7.2 Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik dengan bahasa yang khas dalam interaksi pembelajaran yang terbangun secara siklikal dari (a) penyiapan kondisi psikologis peserta didik, (b) memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk merespons, (c) respons peserta didik, (d) reaksi guru terhadap respons peserta didik, dan seterusnya.
8 Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. 8.1 Memahami prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar sesuai dengan karakteristik lima mata pelajaran SD/MI. 8.2 Menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik lima mata pelajaran SD/MI.
8.3 Menentukan prosedur penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.
8.4 Mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.
8.3 Mengadministrasikan penilaian proses dan hasil belajar secara berkesinambungan dengan menggunakan berbagai instrumen.
8.6 Menganalisis hasii penilaian proses dan hasil belajar untuk berbagai tujuan.
8.7 Melakukan evaluasi proses dan hasil belajar.
9 Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran. 9.1 Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk menentukan ketuntasan belajar. 9.2 Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan.
9.3 Mengkomunikasikan hasil penilaian dan evaluasi kepada pemangku kepentingan.
9.4 Memanfaatkan informasi hasil penilaian dan evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
10 Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran. 10.1 Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan. 10.2 Memanfaatkan hasil refleksi untuk perbaikan dan pengembangan lima mata pelajaran SD/MI.
10.3 Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran lima mata pelajaran SD/MI.

SDN 49 Lareh Nan Gadang

Selamat Datang di Blog SDN 49 Lareh Nan Gadang. Dengan seiring  berjalannya waktu semoga blog ini bermanfaat untuk umum....

Senin, 12 Maret 2012

Kisi - Kisi Soal Penjas


KISI – KISI SOAL PENJAS


Standar Kompetensi           
Mempraktikan berbagai teknik dasar permainan dan  olahraga, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

Kompetensi Dasar               
Mempraktikan teknik dasar salah satu permainan dan olahraga bola besar beregu serta  nilai kerja sama, toleransi, percaya diri, memecahkan masalah, menghargai teman keberanian**)
           
  1. Permaianan yang termaksuk permainan bola besar di bawah ini  adalah
A.    Bola tennis, badminton dan bola vollly
B.     Bola basket, bola pimpong dan bola sepak
C.    Bola basket, bola sepak dan bola volley
D.    Badminton, Bola kasti dan bola volley


Standar Kompetensi           
Mempraktikan berbagai teknik dasar permainan dan  olahraga, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

Kompetensi Dasar               
Mempraktikan teknik dasar salah satu permainan dan olahraga bola besar beregu serta  nilai kerja sama, toleransi, percaya diri, memecahkan masalah, menghargai teman keberanian**)
  
Indikator
Psikomotor
·   Mengumpan, menggiring dan manahan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar serta menahan dengan telapak kaki
·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi

  1. Teknik dasar dalam permainan sepak bola adalah
A.    pasing, control dan smass
B.     Pasing, dribbling dan block
C.     Passing, heading dan jump shoott
D.    Pasing, dribbling dan control








Standar Kompetensi           
Mempraktikan berbagai teknik dasar permainan dan  olahraga, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

Kompetensi Dasar               
Mempraktikan teknik dasar salah satu permainan dan olahraga bola besar beregu serta  nilai kerja sama, toleransi, percaya diri, memecahkan masalah, menghargai teman keberanian**)
  
Indikator
Psikomotor
·   Mengumpan, menggiring dan manahan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar serta menahan dengan telapak kaki
       Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi dan mengetahui peraturan dalam permaianan
      sepak bola

  1. Dalam permainan sepak sepak bola di pimpin oleh  wasit, syarat menjadi wasit itu minimal berijazah
A.    SMA                                                         C. Perguruan Tinggi
B.     SD                                                             D. SMA


Standar Kompetensi           
Mempraktikan berbagai teknik dasar permainan dan  olahraga, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

Kompetensi Dasar               
Mempraktikan teknik dasar salah satu permainan dan olahraga bola besar beregu serta  nilai kerja sama, toleransi, percaya diri, memecahkan masalah, menghargai teman keberanian**)
  
Indikator
Psikomotor
·   Mengumpan, menggiring dan manahan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar serta menahan dengan telapak kaki
Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi dan mengetahui peraturan permaianan sepak bola

  1. Lama waktu normal dalam permainan sepak bola adalah
A.    2 X 45 Menit                                             C. 2 X 40 Menit
B.     2 X 44 Menit                                             D. 2 X 46 Menit








Standar Kompetensi           
Mempraktikan berbagai teknik dasar permainan dan  olahraga, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

Kompetensi Dasar               
Mempraktikan teknik dasar salah satu permainan dan olahraga bola besar beregu serta  nilai kerja sama, toleransi, percaya diri, memecahkan masalah, menghargai teman keberanian**)
  
Indikator
Psikomotor
·   Mengumpan, menggiring dan manahan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar serta menahan dengan telapak kaki
Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi dan mengetahui peraturan permaianan sepak bola

  1. Nama asosiasi sepak bola di Indonesia adalah
A.    PBVSI                                                      C. PBSI
B.     PASI                                                         D. PSSI


Standar Kompetensi           
Mempraktikan berbagai teknik dasar permainan dan  olahraga, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

Kompetensi Dasar               
Mempraktikan teknik dasar salah satu permainan dan olahraga bola besar beregu serta  nilai kerja sama, toleransi, percaya diri, memecahkan masalah, menghargai teman keberanian**)
  
Indikator
Psikomotor
·   Mengumpan, menggiring dan manahan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar serta menahan dengan telapak kaki
·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi


  1. Berikut ini yang bukan teknik passing adalah kecuali
A.                                              Kaki bagian Dalam,Kaki bagian luar dan kura2 kaki
B.           Kaki bagian dalam, lutut, dan kura2 kaki
C.                                         Kaki bagian luar, kaki bagian dalam dan Paha
D.                                        Lutut, tumit dan kaki bagian dalam







Standar Kompetensi           
Mempraktikan berbagai teknik dasar permainan dan  olahraga, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

Kompetensi Dasar               
Mempraktikan teknik dasar salah satu permainan dan olahraga bola besar beregu serta  nilai kerja sama, toleransi, percaya diri, memecahkan masalah, menghargai teman keberanian**)
  
Indikator
Psikomotor
·   Ukuran lapangan sepak bola

  1. Ukuran panjang dan lebar  lapangan sepak bola adalah
A.    100 – 110 Meter dan 64 – 74 Meter
B.     100 – 120 Meter dan 64 – 75 Meter
C.     100 – 110 Meter dan 64 – 75 Meter
D.    100 – 115 Meter dan 64 – 74 Meter

Standar Kompetensi           
Mempraktikan berbagai teknik dasar permainan dan  olahraga, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

Kompetensi Dasar               
Mempraktikan teknik dasar salah satu permainan dan olahraga bola besar beregu serta  nilai kerja sama, toleransi, percaya diri, memecahkan masalah, menghargai teman keberanian**)
  
Indikator
Psikomotor
·   Pengetahuan dan sejarah sepak bola dunia

  1. Pada tahun berapa dan di Negara mana Piala dunia pertama diselengarakan
A.    Pada tahun 1931 di selenggarakan di Inggris
B.     Pada tahun1929 di selenggarakan di Jerman
C.     Pada Tahun 1932 Diselenggarkan di Brazil
D.    Pada tahun 1930 di selenggarakan di Uruguay










Standar Kompetensi           
Mempraktikan berbagai teknik dasar permainan dan  olahraga, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

Kompetensi Dasar               
Mempraktikan teknik dasar salah satu permainan dan olahraga bola besar beregu serta  nilai kerja sama, toleransi, percaya diri, memecahkan masalah, menghargai teman keberanian**)
  
Indikator
Psikomotor
·   Mengumpan, menggiring dan manahan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar serta menahan dengan telapak kaki
·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi

  1. Dalam melakukan lemparan kedalam posisi badan harus
A.    Posisii Kaki bebas dan bola lemparan bebas
B.     Posisi kaki di angkat dan bola melewati kepala
C.     Posisi kaki Tidak boleh di angkat dan bola melewati kepala
D.    Posisi kaki rapat dan lemparan bebas


Standar Kompetensi           
Mempraktikan berbagai teknik dasar permainan dan  olahraga, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

Kompetensi Dasar               
Mempraktikan teknik dasar salah satu permainan dan olahraga bola besar beregu serta  nilai kerja sama, toleransi, percaya diri, memecahkan masalah, menghargai teman keberanian**)
  
Indikator
Psikomotor
·   Ukuran lapangan sepak bola

  1. Tinggi gawang sepak bola adalah
A.    2,43 Meter
B.     2,44 Meter
C.     2,24 Meter
D.    2,23 Meter








Standar Kompetensi           

Instrumen Supervisi


INSTRUMEN SUPERVISI ADMINISTRASI KETENAGAAN
NAMA SEKOLAH                             :   SDN 49 LAREH NAN GADANG
NAMA KEPALA SEKOLAH             :   E R I N A L, SP.d
ALAMAT SEKOLAH                         :   LAREH NAN GADANG- TEPI SELO
HARI / TANGGAL                            :  .................../............................

1.     BUKU INDUK KETENAGAAN
2.     DAFTAR URUT KEPANGKATAN
3.     FILE
4.     STRUKTUR ORGANISASI SEKOLAH
5.     PEMBAGIAN TUGAS GURU
6.     STRUKTUR ORGANISASI TENAGA ADMINISTRASI SEKOLAH
7.     PEMBAGIAN TUGAS TENAGA ADMINISTRASI SEKOLAH
8.     DATA PENGEMBANGAN KUALIFIKASI DAN PROFESI
9.     BUKU DP 3
10.                        PRESTASI GURU DAN STAF
11.                        BUKU PEMBINAAN










DAFTAR URUT KEPANGKATAN
SDN 49 LAREH NAN GADANG
TEPI SELO
KEC. LINTAU BUO UTARA

1.    N O                                          :  ...................................................
2.    N A M A                                   :  ...................................................
3.    N I P.                                        :  ...................................................
4.    J A B A T A N                           :  ...................................................
5.    P A N G K A T                          :  ...................................................
6.    G O L O N G A N                      :  ...................................................
7.    T. M. T                                     :  ...................................................
8.    MASA KERJA GOLONGAN      :  ...................................................
9.    MASA KERJA KESELURUHAN :

PEMBAGIAN TUGAS ADMINISTRASI
SDN 49 LAREH NAN GADANG

A.    ADMINSTRASI KESISWAAN
1.    BUKU POKOK SISWA                           : ........................................
2.    BUKU KLEPER                                       : ........................................
3.    BUKU MUTASI                                      : ........................................
4.    BUKU PEMBAGIAN RAPOR                 : ........................................
5.    BUKU PENYERAHAN IJAZAH               : ........................................
6.    BUKU CATATAN SEHARI-HARI             : ........................................
7.    BUKU ABSENSI UMUM                       : ........................................
8.    PAPAN DATA SISWA                            : ........................................
9.    BUKU KEGIATAN EKSTRAKURIKULER : ........................................
B.    ADMINISTRASI KETENAGAAN                 
1.    BUKU POKOK KETENAGAAN               : ........................................
2.    BUKU DP 3                                           : ........................................
3.    BUKU DAFTAR URUT KEPANGKATAN: ........................................
4.    BUKU KEUANGAN                              
a.     G A J I                                               : ........................................
b.    B O S                                                 : ........................................
c.     S O S I A L                                         : ........................................
d.    K O M I T E                                       : ........................................
e.     K A N T I N                                       : ........................................
f.       U M U M                                          : ........................................
5.    LAPORAN TRIWULAN                          : ........................................
6.    ADMINISTRASI MASUK KELUAR         : ........................................
7.    ADMINISTRASI SARANA                      : ........................................


BUKU POKOK KETENAGAAN
NO INDUK  :  ...........
A.              KETERANGAN KETENAGAAN
1.   NAMA GURU
a.   Lengkap                           :......................................
b.   Panggilan                        :......................................
2.   N I P                                       :......................................
3.   Tempat / Tgl. Lahir           :......................................
4.   Jenis Kelamin                     :......................................
5.   Pendidikan Terakhir       :......................................
6.   A g a m a                              :......................................
7.   Kewarganegaraan            :......................................
8.   A l a m a t                            :......................................
9.   Jarak Tempat Tinggal      :......................................

B.               KETERANGAN KELUARGA
1.   NAMA ORTU
a.   A y a h                              :......................................
b.   I b u                                   :......................................

2.   SUAMI / ISTRI
a.   N a m a                            :......................................
b.   T T L                                  :......................................
c.    P e k e r j a a n               :......................................
d.   A l a m a t                        :......................................


3.   ANAK
a.   N a m a   :     1.   .........................................
2.   .........................................
3.   .........................................
                   b. Tempat/ Tgl. Lahir
                             1.   ...........................................
                             2.   ............................................
                             3.   ............................................
                   c. Pekerjaan
                             1.   .............................................
                             2.   .............................................
                             3.   .............................................
C. RIWAYAT PEKERJAAN
          1. Di Sekolah ini
                   a. S K         : ..............................................
                   b. T.M.T   : ...............................................
          2. Pindahan dari Sekolah Lain
                   a. Nama Sekolah Asal     : ........................................
                   b. S K                                     : ........................................
                   c. T.M.T                                : ........................................
D. MENINGGALKAN SEKOLAH INI
                    a. S K                  :  ........................................
                    b. T.M.T             :  ........................................
                    c. Alasan           :  ........................................
E. LAIN – LAIN
          Catatan Penting       : ..............................................
                                                  ..............................................
                                                  .................................................