Minggu, 31 Juli 2016

RPP KURIKULUM 2013 KELAS IV EDISI REVISI KURIKULM NASIONAL 2016

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan  Pendidikan     : SDN 49 Lareh Nan Gadang
Kelas/Semester             : IV/I
Tema                             : 2. Sumber Energi
Subtema                        : 1. Sumber Energi
Pembelajaran               : 6 (enam)
Alokasi Waktu              : 1 x pertemuan (4 x 35 menit)

A.  Kompetensi Inti (KI):
KI 1 
:
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2
:
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
KI 3
:
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4
:
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.  Kompetensi Dasar dan Indikator
PPKn
:
3.2
Memahami hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. 


4.2
Bekerja sama melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator
:
3.1.1
Menjelaskan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan seharihari.


4.2.1
Mengomunikasikan pentingnya kerja sama dalam melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan seharihari.

Bahasa Indonesia
:
3.1
Menunjukkan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual.


4.1
Menata informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antar gagasan ke dalam kerangka tulis.
Indikator
:
3.1.1
Menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks visual.


4.1.1
Menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks visual

PJOK
:
3.1
Memahami prosedur variasi pola gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan bola besar sederhana dan atau tradisional. 

:
4.1
Mempraktikkan prosedur variasi pola gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam permainan bola besar sederhana dan atau tradisional
Indikator
:
3.1.2
Menjelaskan prosedur variasi pola gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dalam permainan bola besar.

:
4.1.2
Mempraktikkan prosedur variasi pola gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dalam permainan bola besar.

C.    Tujuan Pembelajaran
1.   Setelah mengamati gambar dan berdisikusi, siswa mampu menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks visual dengan tepat.
2.   Setelah mengamati gambar dan berdiskusi, siswa mampu menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks visual dengan percaya diri.
3.  Setelah membaca teks, siswa mampu menjelaskan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
4.   Setelah membaca teks dan berdiskusi, siswa mampu mengomunikasikan. pentingnya kerja sama dalam melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari dengan percaya diri.
5.   Setelah berdiskusi dan mengamati peragaan dari guru, siswa mampu. menjelaskan prosedur variasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dalam permainan bola besar dengan tepat.
6.      Setelah berdiskusi dan mengamati peragaan dari guru, siswa mampu Mempraktikkan prosedur variasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dalam permainan bola besar dengan benar.
D.    Materi Pembelajaran
1.    Menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung dari teks
2.    Kerjasama antar individu dan kelompok
3.    Mempraktikkan prosedur gerak dasar jalan, lari, lompat dalam permainan benteng-bentengan dan gobak sodor

E.     Pendekatan/Metode
·           Pendekatan          : Scientific
·           Metode                : Penugasan, tanya jawab, diskusi, pemodelan,  dan ceramah, demonstrasi, bermain


F.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
\
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan kepercayaan masing-masing.
2.      Mengkondisikan kelas
3.      Mengkondisikan siswa
4.      Apersepsi dengan cara siswa diingatkan kembali tentang hak dan kewajiban.
5.      Menginformasikan tema yang akan dipelajari tentang “Sumber energi” dan subtema “Sumber energi”.
10 Menit
Kegiatan Inti
1.       Siswa mengamati gambar dan teks yang terdapat di dalam buku siswa, seperti di halaman berikut ini.

 

2.    Setelah mengamati gambar dan membaca teks, siswa menjawab pertanyaan dan melaksanakan instruksi yang terdapat dalam buku siswa.
3.      Siswa membuat gambar sesuai instruksi.
4.    Siswa menukarkan gambar yang mereka buat dengan teman yang duduk di sebelah. Siswa meminta teman lain menceritakan tentang isi gambar yang dibuatnya.
5.  Guru menegaskan bahwa minyak bumi merupkan sumber energi yang tidak dapat diperbaharui? Oleh sebab itu, berkewajiban untuk menghematnya.
6.      Siswa membaca teks tentang minyak bumi
7.      Siswa menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.
8.      Siswa mendiskusikan jawaban secara berkelompok.
Guru menegaskan dan bertanya: Kendaraan memerlukan energi agar dapat bergerak. Begitu pula dengan tubuh kita. Apakah kamu masih ingat sumber energi yang kita perlukan agar tubuh bisa bergerak?
9.   Guru menyampaikan bahwa hari ini siswa akan kembali bermain lempar dan tangkap bola. Siswa akan bermain dengan variasi yang berbeda.  Permainan lebih ditekankan kepada teknik melempar lurus. Perhatikan arahan dan contoh dari gurumu.

10.  Guru memandu siswa melakukan pemanasan sebelum bermain.
11.  Siswa membaca aturan bermain.
12.Setelah melakukan kegiatan, siswa mendiskusikan pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa secara berkelompok.
13. Siswa menyampaikan hasil diskusi dalam kelompok
14.Siswa melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.
15. Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran di buku guru.

150 Menit
Penutup
1.   Guru bersama  siswa membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.      Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari.
3.      Melakukan penilaian hasil belajar.
Peserta didik menuliskan refleksi dari kegiatan :
·  Siswa melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.
·  Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran buku guru.
·   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
a. Guru mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya, dsb).
b.    Segera memberikan nasihat, apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dalam berdo’a, agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan.

Remedial :
-    Siswa yang belum mampu menentukan gagasan pokok dan gagasan pendukung dengan baik dapat diberikan beberapa bahan bacaan yang lebih sederhana dan diminta untuk menggarisbawahi gagasan pokok paragraf demi paragraf dengan arahan dari guru.
Pengayaan :

-          Apabila ada waktu tersisa, siswa bisa berlatih menulis gagasan pokok dan gagasan pendukung dari teks visual tambahan yang disediakan guru.
15 Menit

G.    Penilaian Proses dan Hasil Belajar
1.        Penilaian Bahasa Indonesia
Instrumen Penilaian
NO
Nama Siswa
Kriteria
Gagagasan Pokok
Gagasan Pendukung
4
3
2
1
4
3
2
1
1









2









3









4









5









Dst





















2.        Penilaian PPKn (Dengan adnokdot) Cacatan aknetdok disiplin dan Tanggung Jawab
3.        Penilaian PJOK dengan Adnekdot
H.    Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
-       Bola Besar
-       Buku Guru Kurikulum 2013edisis revisi tahun 2016
-       Buku Siswa Kurikulum 2013edisis revisi tahun 2016

Mengetahui,

Lareh Nan Gadang, 18 Juli 2016
Kepala Sekolah



Guru Kelas IV




 (Semua RPP Kurikulum Nasional Lengkap: Silahkah hubungi kami : 085363470101
Kami Siap Memababntu dengan cuma2