Sabtu, 19 Januari 2013

HASIL PENGAMATAN ASPEK RPP, GURU DAN SISWA DENGAN KONTRUKTIVIS


Hasil Penilaian  Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP )
Isilah instrumen penilaian observasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP ) berikut dengan memberikan tanda ( √ ) pada kolom yang sesuai!

No
Karakteristik penilaian
Deskriptor
Deskriptor Yang Muncul
Kualifikasi
SB
4
B
3
C
2
K
1
1
Kejelasan perumusan tujuan  pembelajaran
a.     Rumusan tujuan pembelajaran jelas
b.     Rumusan tujuan pembelajaran tidak menimbulkan penafsiran ganda
c.     Rumusan tujuan pembelajaran lengkap (memenuhi A= Audence, B= Behavior, C= Condition, D= Degree)
d.    Rumusan tujuan pembelajaran berurutan secara logis dari yang mudah ke yang sukar 












Jumlah

4



2
Pemilihan materi ajar
a.     Materi ajar sesuai dengan tujuan pembelajaran
b.     Materi ajar sesuai dengan karakteristik siswa
c.     Materi ajar sesuai dengan lingkungan yang tersedia
d.    Materi ajar sesuai dengan bahan yang akan diajarkan    
      










Jumlah

4



3
Pengorganisasian materi ajar


a.     Cakupan materi luas
b.     Materi ajar sistematis
c.     Sesuai dengan alokasi waktu
d.    Sesuai dengan tujuan pembelajaran






Jumlah


3


4
Pemilihan sumber/media pembelajaran
a.    Sesuai dengan tujuan pembelajaran
b.    Sesuai dengan materi pembelajaran
c.    Sesuai dengan karakteristik siswa
d.   Sesuai dengan lingkungan siswa





 




Jumlah


3


5
Menyusun langkah-langkah pembelajaran
a.    Langkah pembelajaran berurut (awal, inti, dan penutup)
b.    Langkah pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu
c.    Langkah pembelajaran sesuai dengan materi pembelajaran
d.   Langkah pembelajaran jelas dan rinci   









Jumlah

4



6
Kelengkapan instrumen
a.     Soal lengkap
b.     Soal sesuai dengan tujuan pembelajaran
c.     Soal disertai dengan kunci jawaban
d.    Soal disertai pedoman penskoran yang lengkap  


        






Jumlah


3


7
Tampilan Dokumen Rencana Pembelajaran
a.       Tampilan bersih (tanpa coretan atau noda) dan menarik
b.      Tulisan dapat dibaca dengan mudah
c.       Bahasa yang diginakan komunikatif
d.      Penulisan sesuai dengan EYD









Jumlah


3


Jumlah Akhir
24




Nilai Akhir
85,71





Keterangan :
Sangat Baik (SB)        : 4, jika semua deskriptor tergambar dalam RPP
Baik (B)                      : 3, jika hanya tiga deskriptor yang tergambar pada RPP
Cukup (C)                   : 2, jika hanya dua deskriptor yang tergambar pada RPP
Kurang (K)                  : 1, jika hanya satu deskriptor yang tergambar pada RPP
Skor maksimal = 28
Pesentase perolehan skor  =   X 100%
Pesentase perolehan skor  =   X 100 %
                                    = 85,71 %       
Nilai Yang diperoleh adalah : Tujuh Puluh Satu Koma Empat Puluh Tiga Persen
Kriteria taraf keberhasilan :
90% - 100%    = Sangat Baik
80% - 89%      = Baik
70% - 79%      = Cukup
≤ 69%              = Kurang
Sumber : (Ade Rusliana, 2007:6)

Penilaian Pengamatan Peningkatan Hasil Belajar IPS dengan Menggunakan Pendekatan Konstruktivis pada Siswa Kelas V SDN 49 Lareh Nan Gadang
Kecamatan Lintau Buo Utara
( dari Aspek Guru )
Petunjuk : Berilah tanda checklist ( √ ) pada kolom yang diamati.
Aspek-Aspek yang Diamati
Deskriptor
Deskriptor yang muncul
Kualifikasi
(4)
SB
(3)
B
(2)
C
(1)
K
A Pengaktifan pengetahuan yang sudah ada
a.    Memotivasi siswa untuk belajar mengenal konsep materi yang sesuai dengan indikator yang akan diajarkan





B


b.    Guru menghubungkan pengelaman konsep siswa tentang perubahan daratan yang diketahui sebelumnya




c.    Guru menyuruh siswa mengemukakan ide dan gagasan untuk menangggapi pertanyaan guru tentang kenampakan alam




d.   Menantang siswa untuk memperdalam materi yang pernah mereka miliki dengan materi yang akan disajikan




Jumlah
4




B. Pemerolehan pengetahuan baru
a. Menugaskan siswa mencari macam macam kenampakan alam dan contohnya




b . Menugaskan siswa mengamati gambar yang berkaitan dengan kenampakan alam




c .  Menyuruh siswa membacakan hipotesanya ke depan kelas. Menugaskan siswa menyusun hipotesa dari kenampakan alam






d.   Mengklasifikasikan hipotesa siswa tentang kenampakan alam




Jumlah
3




C. Pemahaman pengetahuan
a.       Membagi siswa atas 5 kelompok dan menugaskan kelompok untuk menunjuk ketua dan sekretarisnya




b.      Menugaskan siswa membaca buku tentang kenampakan alam




c.       Menuntun siswa untuk memahami bacaan yang dibaca dari buku sumber




d.      Membagikan LKS pada siswa dalam kelompok




Jumlah
4




D. Menerapkan pengetahuan dengan pengalaman yang diperoleh
a.       Menugaskan siswa berdiskusi dengan anggota kelompok mengisi LKS tentang kenampakan alam




b.      Membimbing siswa bekerja dan berdiskusi dalam kelompok




c.       Berkeliling kelas sambil melakukan penilaian proses pada siswa dalam bekerja kelompok




d.      Menuntun siswa diskusi kelompok dalam menafsirkan dan mengisi lembar pengamatan





Jumlah
3




E. Refleksi
a.       Mendorong siswa untuk tampil berbicara membacakan hasil lembar pengamatan kerja kelompok




b.      Membuka kesempatan kelompok lain untuk menanggapi hasil tampilan kelompok




c.       Tidak memberikan tekanan kepada siswa yang mengalami kesulitan dalam memberikan tanggapan hasil tampilan kelompok lain





d.      Menyimpulkan kenampakan alam dan mengajukan pertanyaan untuk mempertegas dan memperjelas materi pelajaran




Jumlah
3




Jumlah Akhir
17




Nilai
85 %





Skor maksimal = 20
Pesentase perolehan skor  =   X 100%

Pesentase perolehan skor  =   X 100%
= 85 %
Keterangan :
Sangat Baik (SB)  = 4   jika empat deskriptor pada setiap karakteristik  pembelajaran yang nampak
Baik (B)                = 3   jika tiga dari empat deskriptor pada masing-masing karakteristik pembelajaran yang nampak
Cukup (C)             = 2   jika dua dari empat deskriptor pada masing-masing karakteristik pembelajaran yang nampak
Kurang (K)            = 1  jika hanya salah satu dari deskriptor pada masing-masing karakteristik pembelajaran yang nampak

Kriteria taraf keberhasilan :
90% - 100%    = Sangat Baik
80% - 89%      = Baik
70% - 79%      = Cukup
≤ 69%              = Kurang
Sumber : (Ade Rusliana, 2007:6)


Penilaian Pengamatan Peningkatan Hasil Belajar IPS dengan Menggunakan Pendekatan Konstruktivis pada Siswa Kelas V SDN 49 Lareh Nan Gadang
Kecamatan Lintau Buo Utara
( dari Aspek Siswa )

Petunjuk : Berilah tanda checklist ( √ ) pada kolom yang diamati.
Aspek-Aspek yang Dinilai
Dsekriptor
Deskriptor yang muncul
Kualifikasi
SB
(4)
B
(3)
C
(2)
K
(1)
A Pengaktifan pengetahuan yang sudah ada
a.    Siswa terpancing untuk mengenai hubungan konsep dengan indikator yang akan dipelajari




b.   Skemata siswa tumbuh dan bangkit atas pertanyaan-pertanyaan yang diajukan guru seputar kenampakan alam yang ada di lingkungan sekitar




c.    Pemahaman siswa tentang konsep kenampakan alam ditinjau oleh guru




d.   Siswa merasa tertantang untuk memperdalam materi yang pernah dimilikinya dengan materi yang akan disajikan




Jumlah
4




B Pemerolehan pengetahuan baru
a.      Secara seksama siswa mengamati gambar kenampakan alam yang di ajarkan guru




b.     Siswa menyusun dugaan sementara tentang pengamatan gambar macam – macam kenampakan alam dan contohnya





c.    Tanpa tekanan siswa membacakan hasil dugaan sementara contoh kenampakan alam yang ada di Indoneisa 





d.   Siswa melihat hasil pengklasifikasian guru tentang hipotesa siswa di papan tulis




Jumlah
3




C. Pemahaman  pengetahuan
a.    Siswa sudah duduk berkelompok sekaligus membentuk ketua dan sekretaris




b.    Siswa membaca buku sumber tentang kenampakan alam




c.    Siswa dibimbing guru memahami bacaan buku sumber tentang kenampakan alam





d.   Siswa menerima lembar langkah kerja Kelompok dan lembar pengamatan




Jumlah
3




D   Menerapkan pengetahuan dengan pengalaman yang diperoleh
a.       Siswa berdiskusi dalam kelompoknya masing - masing




b.      Siswa mendapat bimbingan dari guru dalam melaksanakan diskusi dalam kelompok




c.       Siswa mendapat pengawasan guru yang berkeliling melaksanakan penilaian proses




d.      Siswa dituntun guru dalam kelompok untuk berdiskusi menafsirkan dan mengisi lembar pengamatan






Jumlah
3




E.    Refleksi
a.       Siswa berani tampil berbicara kedepan kelas mengkomunikasikan hasil kerja kelompok





b.      Siswa berkesempatan memberikan tanggapan dan saran pada kelompok yang tampil




c.       Siswa yang mengalami kesulitan dalam berkomunikasi tanpa tekanan dapat bertanya jawab dengan siswa lain




d.      Siswa memperhatikan gambar untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dari guru dalam menarik kesimpulan materi pembelajaran




Jumlah
3




Jumlah Akhir
16




Nilai Akhir
80%





Skor maksimal = 20

Pesentase perolehan skor  =   X 100%

Pesentase perolehan skor  =   X 100%
                                    = 80 %
            Keterangan :
Sangat Baik (SB)  = 4   :  jika empat deskriptor pada setiap karakteristik  pembelajaran yang nampak
Baik (B)                = 3   : jika tiga dari empat deskriptor pada masing-masing karakteristik pembelajaran yang nampak
Cukup (C)             = 2   : jika dua dari empat deskriptor pada masing-masing karakteristik pembelajaran yang nampak
Kurang (K)            = 1  : jika hanya salah satu dari deskriptor pada masing-masing karakteristik pembelajaran yang nampak
Kriteria taraf keberhasilan :
90% - 100%    = Sangat Baik
80% - 89%      = Baik
70% - 79%      = Cukup
≤ 69%              = Kurang
Sumber : (Ade Rusliana, 2007:6)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar