Kamis, 17 Oktober 2013

RPP DENGAN METODE INKUIRI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                                    Sekolah                    : SDN 49 LAREH NAN GADANG
                                    Mata Pelajaran        : Ilmu Pengetahuan Sosial
                                    Kelas / semester      : IV / II
                                    Jumlah Pertemuan    : 1 kali Pertemuan

I.       Standar Kompetensi
2.      Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi, dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten /kota dan provinsi

II.    Kompetensi Dasar
2.1  Mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya
                              
III. Indikator
Aspek kognitif
2.1.1     Menyebutkan pengertian kegiatan ekonomi
2.1.2     Menyebutkan 3 macam kegiatan ekonomi
2.1.3     Menjelaskan contoh kegiatan ekonomi yang ada di daerahnya
Aspek psikomotor
2.1.4     Mengidentifikasi masalah kegiatan ekonomi yang ada di daerahnya

Aspek afektif
2.1.5     Menunjukkan tempat kegiatan ekonomi di daerahnya
IV. Tujuan Pembelajaran
A.    Dengan tanya jawab, siswa dapat menyebutkan pengertian kegiatan ekonomi dengan benar
B.     Dengan mengamati gambar, siswa dapat menyebutkan 3 macam kegiatan ekonomi dengan benar
C.     Dengan diskusi kelompok, siswa dapat menjelaskan contoh kegiatan ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dengan benar
D.    Melalui pembelajaran ini siswa dapat mengidentifikasi masalah kegiatan ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dengan tepat
E.     Siswa dapat menunjukkan sikap cara memanfaatkan sumber daya alam dengan tepat




V.    Karakter Siswa yang Diharapkan
1.      Religius                                             
2.      Disiplin                                             
3.      Kerja sama
4.      Keberanian
5.      Tanggung jawab
6.      Toleransi
7.      Percaya diri

VI. Materi Pelajaran
Kegiatan Ekonomi Berdasarkan Sumber Daya Alam
  
1.      Kegiatan ekonomi
Kegiatan ekonomi adalah kegiatan yang dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. kegiatan ekonomi dapat berjalan dengan lancar apabila adanya kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi.
a.         Konsumsi adalah kegiatan orang memakai atau menggunakan barang untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidupnya dan pelakunya dapat disebut konsumer. Barang yang dikonsumsi dapat berkurang atau habis manfaat dan nilai gunanya. Contoh, makan, rekreasi dll.
b.         Produksi adalah kegiatan orang atau pabrik untuk membuat dan menghasilkan suatu barang sedangkan pelakunya disebut produsen. Menghasilkan suatu barang membutuhkan waktu yang lama untuk dapat dikonsumsi oleh penggunanya. Contoh kerajinan tangan, rotan, tekstil dll.
c.         Distribusi adalah kegiatan yang berhubungan dengan penyaluran barang-barang produksi atau dapat juga dikatakan sebagai perantara antara produsen dan konsumen. Pelakunya disebut distributor. Distribusi terdiri dari unsur seperti: Agen, Grosir, Pedagang eceran, biro, dan makelar.

VII.    Alokasi Waktu        : 2 × 35 menit

VIII. Metode Pembelajaran                         
a.       Inkuiri
b.      Diskusi
c.       Tanya jawab
d.      Ceramah
e.       Penugasan

IX. Langkah-Langkah Pembelajaran
A.    Kegiatan Awal (10 menit)
1.   Menyiapkan kondisi kelas untuk belajar (meminta siswa merapikan tempat duduk, berdoa, mengambil absen, menulis tanggal dan nama mata pelajaran di papan tulis)
2.   Apersepsi : Bertanya jawab tentang pelajaran yang dipelajari sebelumnya.
3.   Membuka skemata siswa
Bertanya jawab tentang pengertian sumber daya alam
Bertanya jawab tentang sumber daya alam yang dapat dikembangkan di lingkungannya
4.   Siswa mendengarkan guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai

B.  Kegiatan Inti (45 menit)
Eksplorasi  
Tahap 1 : Orientasi
a.    Siswa mengondisikan kelas sebelum pembelajaran di mulai
b.   Siswa diminta untuk fokus mendengarkan topik pembebelajaran yang akan diajarkan guru
c.    Siswa mendengarkan tujuan pembelajaran yang disampaikan guru
d.   Siswa mendengarkan langkah – langkah pembelajaran yang akan di lakukan dengan menggunakan metode inkuiri

Elaborasi
Tahap 2: Merumuskan Masalah
a.    Menimbulkan rasa ingin tahu siswa dengan mengajukan apa yang akan di bahas siswa tentang kegiatan ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam
b.   Melakukan tanya jawab tentang pokok bahasan kegiatan ekonomi
c.    Mengajukan rumusan masalah yang dapat menuntun siswa menemukan jawaban dari pokok bahasan kegiatan ekonomi
1.   Apa tujuan orang melakukan kegiatan ekonomi?
2.   Untuk apa manusia bercocok tanam, menjual sayuran, membuat baju

Tahap 3: merumuskan hipotesis
a.    Siswa mengajukan jawaban sementara dari masalah yang telah diajukan
b.   Menjawab masalah yang diajukan guru berdasarkan pengetahuan siswa
c.    Memberikan dugaan sementara yang berkaitan dengan pertanyaan pada tahap perumusan masalah yaitu kegiatan ekonomi untuk untuk menghasilkan barang dan jasa
d.   Siswa mencatat jawaban sementara yang diajukan siswa

Tahap 4: mengumpulkan data
a.    Guru mengajukan pertayaan untuk mendorong siswa berfikir untuk mencari informasi seputar contoh kegiatan ekonomi produksi, distribusi dan konsumsi
b.   Siswa megumpulkan pikiran dalam kelompok dari pertanyaan yang diajukan
c.    Siswa dibagikan Lembaran Kerja Siswa (LKS) tentang kegiatan ekonomi
d.   Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang langkah – langkah mengisi LKS yang telah dibagikan
e.    Siswa memahami langkah – langkah mengisi LKS dalam kelompok

Tahap 5 : menguji hipotesis
a.    Siswa membuktikan jawaban dari masalah kegiatan ekonomi yang diajukan dari buku sumber
b.   Guru membimbing siswa menganalisis dan membuktikan jawaban dari buku sumber yang dimiliki siswa
c.    Siswa berdiskusi dalam kelompok untuk mengisi LKS tentang kegiatan ekonomi

Tahap 6 : merumuskan kesimpulan

a.    Mengemukakan pendapat tentang kesimpulan yang akan diambil berdasarkan diskusi yang telah di lakukan tentang kegiatan ekonomi
b.    Menyajikan kesimpulan hasil diskusi kelompok kedepan kelas
c.    Kelompok lain memberikan tanggapan terhadap kelompok yang telah melaporkan hasil diskusi kegiatan ekonomi
d.   Bersama guru menyimpulkan hasil diskusi secara keseluruhan
Komfirmasi
1.      Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan terhadap keberhasilan siswa
2.      Memberikan komfirmasi terhadap eksplorasi dan elaborasi dari berbagai sumber
3.      Meberikan kesempatan kepada siswa untuk merepfleksikan untuk memperoleh pengelaman belajar yang dilakukan

C.    Penutup
1.      Bersama-sama dengan peserta didik membuat rangkuman/ kesimpulan pelajaran
2.      Melakukan penilaian terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan,
3.      Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran,
4.      Melakukan perencanaan kegiatan tindak lanjut melalui pembelajaran remedial, program pengayaan, layanan konseling, atau memberikan tugas terstruktur baik secara individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik,
5.      Memotivasi peserta didik untuk mendalami materi pembelajaran melalui kegiatan belajar mandiri,
6.      Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya


X. Media dan Sumber Belajar
1.      Media :
a.    Gambar macam kegiatan ekonomi

 
     



2.      Sumber :
a.    Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta.
b.   Tim Bina Karya Guru. 2006. IPS Terpadu untuk SD Kelas IV. Jakarta: Erlangga
c.    Tantya Hisnu dan Winardi. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk SD/MI Kelas 4. Jakarta : Pusat Perbukuan Depdiknas
d.   Retno Heny Pujiati dan Umi Yuliati. 2008. Cerdas Pengetahuan Sosial Untuk Kelas IV SD. Jakarta : Pusat Perbukuan Depdiknas
e.    LKS
f.    Kunci LKS

        
XI. Penilaian
1.         Teknik Penilaian
a.    Tes
b.   Lisan
c.    Perbuatan
2.         Bentuk Penilaian                  : Pilihan ganda dan Essay
3.         Alat/ Instrumen Penilaian    : Soal dan Kunci Jawaban (terlampir)

Penilaian individu : menggunakan penilaian yang dilengkapi dengan kunci jawaban
Penilaian kelas : menggunakan lembar penilaian proses berupa tabel

a.         Penilaian Kognitif
1.   Ketepatan jawaban siswa dalam mengerjakan tugas/ latihan
2.   Pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan

b.         Penilaian Afektif
Prosedur Penilaian              : Dalam Proses
Jenis Penilaian                    : Non Tes
Bentuk Penilaian                : Pengamatan/Observasi
Alat/ Instrumen Penilaian   : Format Observasi
c.               Penilaian Psikomotor (dalam kelompok)
Prosedur Penilaian            : Dalam Proses
Jenis Penilaian                   : Non Tes
Bentuk Penilaian               : Pengamatan/Observasi
Alat/ Instrumen Penilaian : Format Observasi
                                               




Mengetahui,                                             Lareh Nan Gadang,      Mei 2013
Kepala Sekolah                                                        Guru Kelas IV


ERINAL, S. Pd                                                   ZUROHMA, S.Pd
NIP. 19711005 199412 1 002                            NIP. 19690106 199003 2 001


(JIKA INGIN LENGKAP SEMUA RPP DENGAN SEMUA METIDE HUBUNGI SDN 49 LAREH NAN GADANG DI : 085363470101. )





LEMBAR KERJA SISWA
Pertemuan I

Mata Pelajaran                       : IPS
Kelas/Semester                      :IV/2
Nama kelompok                     :
Anggota kelompok     : 1.                                                       5.
                                      2.                                                       6.
                                      3.                                                       7.
                                      4.
Judul                                      : Mengidentifikasi jenis kegiatan ekonomi
Tujuan                                    : Siswa dapat mengidentifikasi jenis kegiatan ekonomi

Petunjuk:
a.          Baca petunjuk dengan baik !
b.         Kerjakan sesuai dengan petunjuk yang ada dalam LKS
c.          Masing-masing anggota kelompok mencari informasi dari sumber (lingkungan dan buku paket) yang dimiliki
d.         Jawablah beberapa pertanyaan berikut ini dengan berdiskusi bersama anggota kelompokmu !






  1. Lengkapilah tabel di bawah ini dengan memberi tanda checklist (ΓΌ)  !

No
Kegiatan Ekonomi
Produksi
Distribusi 
Konsumsi
1
Menjahit baju 



2
Membeli buku tulis



3
Makan nasi



4
Menangkap ikan



5
Bercocok tanam



6
Memakai sepatu baru



7
Makan buah-buahan



8
Menjual sayur-sayuran



9
Menjual sepatu



10
Minum susu




  1. Apa yang terjadi apabila, tidak ada kegiatan produksi dan distribusi?
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
  1. Apabila sumber daya alam semakin berkurang atau punah, apakah akibat yang akan ditimbulkan? Dan sebagai warganegara Indonesia yang baik apa yang harus kamu lakukan?
Akibatnya ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Sebagai warga negara yang baik kita harus ..………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
  1. Apa akibat bagi kegiatan ekonomi jika terjadi hutan telah gundul?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
5.      Sebutkan 2 contoh kegiatan ekonomi di daerah mu?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
 



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar