Kamis, 21 November 2013

RPP KURIKULUM 2013 KELAS IV



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan pendidikan             : SDN 49 LAREH NAN GADANG LINTAU
Kelas / semester                :  IV / 1
Tema                                 : II Selalu Hemat Energi
Sub Tema                         : II.  Pemanfaatan Energi
Pembelajaran                    : 3
Petemuan ke                     : 
Alokasi waktu                  :  4x 35 menit (2xpertemuan)

A.  KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B.  KOMPETENSI DASAR
Penjas Orkes
3.2    Memahami pengaruh aktivitas fisik dan istirahat terhadap pertumbuhan dan perkembangan tubuh
4.3    Mempraktikkan berbagai aktivitas kebugaran jasmani untuk mencapai tinggi dan berat badan ideal
IPA
3.4 Membedakan berbagai bentuk energi melalui pengamatan dan memdeskripsikan pemamfaatan dalam kehidupan sehari-hari
4.6     Menyajikan laporan tentang sumberdaya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat
BAHASA INDONESIA
3.1     Menggali informasi dari teks laporan  hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1     Mengamati, mengolah, dan  menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya  dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku

C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Penjas Orkes
-          Menjelaskan  pengharuh aktifitas fisik dan istirahat terhadap pertumbuhan dan perkembangan tubuh
-          Mempraktikkan berbagai aktivitas kebugaran jasmani yang berhubungan dengan latihan daya tahan dan kekuatan serta kelenturan
IPA
-          Menjelaskan pemanfaatan energi alternatif (matahari)
BAHASA INDONESIA
-          Menuliskan informasi tentang  pemanfaatan energi alternatif (matahari)

D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah membaca teks, mengamati gambar, diskusi kelompok,memperhatikan penjelasan dari guru, melihat demonstrasi dari guru, siswa mampu :
1.      Menjelaskan  pengharuh aktifitas fisik dan istirahat terhadap pertumbuhan dan perkembangan tubuh
2.      Mempraktikkan aktivitas kebugaran jasmani yang berhubungan dengan latihan daya tahan dan kekuatanserta kelenturan.
3.      Membuat poster tentang hemat energi dengan mandiri.
4.      Menggali informasi tentang pemanfaatan dan beda energi  alternatif (matahari).       

E.     MATERI AJAR                   
a.    Pengharuh aktifitas fisik dan istirahat terhadap pertumbuhan dan perkembangan tubuh
b.    Latihan daya tahan dan kekuatan serta kelenturan
c.    Manfaat energi alternatif (matahari)dan dan membuat poster tentang hemat energi

F.     METODE PEMBELAJARAN                  
Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi, Ceramah, demonstrasi

Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
a. Orientasi mengajak siswa berdoa , dan melihat kehadiran siswa
b.    Memusatkan perhatian peserta didik pada materi yang akan dibelajarkan, dengan cara menunjukkan gambar  yang menarik, atau kegiatan yang menarik
c.    Apersepsi
    Memberikan apersepsi awal kepada peserta didik tentang tema yang akan diajarkan dengan bernayanyi bersama menurut irama yang sudah diketahui siswa
d.   Memotivasi siswa
    Guru memberikan gambaran manfaat mempelajari tema yang akan diajarkan.
e.    Pemberian Acuan
     Berkaitan dengan tema yang akan dipelajari.
     Acuan dapat berupa penjelasan tema dan materi dari beberapa mata pelajaran,menjelaskann tujuan materi yang akan dipelajari. Pembagian kelompok belajar.
Penjelasan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar (sesuai dengan rencana langkah-langkah pembelajaran).
10 menit
Inti
1.      Peserta didik  mengamati buku siswa dan membaca tek dan mendengarkan penjelasan dari guru tentang latihan kekuatan daya tahan dan kelenturan sit up, pus up naik turuntangga,duduk selunjur dan senam jongkok berdiri
2.    Siswa keluar dari dalam kelas  mengganti pakaian dengan pakaian olahraga
3. Guru memberikan motivasi atau memberikan pertanyaan untuk mengggali pemahaman siswa  dan sikap –sikap yang diperlukan dalam latihan daya tahan ,kekuatan dan kelenturan 
4.      Siswa diberi kesempatan untuk berbagi jawaban
5.      Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok
6.  Siswa melakukan pemanasan dibawah bimbingan guru atau perkelompok sampai melakukan gerakan peregangan otot –otot mulai dari otot bagian atas sampai pada otot kaki boleh dengan menggunakan musik
7.      Siswa berbaris dikelompok masing –masing
8.      Siswa melakukan gerakan sit up, pus up , naik turun tangga dan duduk selunjur  perkelompok
9. Guru membibing siswa melakukan gerakan secara sirkuit mulai dari gerakan sit up,pus up, naik turuntangga dan duduk selunjur















10.  Guru mengarahkan siswa  untuk mampu menganalisis gerakan yang telah diperagakandi lapangan. Tujuan kegiatan ini adalah agar anak mampu menganalisis gerakan yang dilakukan, mengenal bagian tubuh yang banyak mengeluarkan  energi
Penilaian proses:
1.      Siswa mampu melakukan semua gerakan yang diminta dengan benar
2.  Siswa mampu bekerja sama dengan bekerja sama dengan teman pasangannya.
3.     Siswa mampu mengikuti aturan saat kegiatan
4. Jika ada siswa yang belum benar dalam melakukan gerakan  dan sikap yang kurang baik  ditunjukkan oleh siswa   guru, langsung memperbaiki sebelum  melanjutkan kegiatan
5. Kelompok yang paling baik   dan benargerakannya di beri hadiah dan semangat
6. Setelah kegiatan dirasa cukup siswa masuk kedalam kelas dan melakukan diskusi kelompok sambil pendinginan
7.Peserta didik mendengarkan penjelasan mengenai kegiatan yang akan dilaksanakan selama melaksanakan kegiatan diskusi
8.Peserta didik mendengarkan arahan guru agar dalam kegiatan diskusi dapat bekerjasama dengan baik, santun dan menghargai pendapat teman
9.      Guru membagikan lembaran kerja  pada tiap kelompok
10.  Peserta didik diberi waktu untuk mendiskusikanlembaran kerja , setelah itu peserta didik melaporkan hasil diskusi kedepan kelas
11.Guru melakukan penilaian  peserta didik selama pelaksanaan diskusi
12.  Kelompok lain yang tidak bertugas melaporkan diminta untuk menaggapi hasil laporan yang dibacakan kedepan kelas
13.  Guru melengkapi atau menyempurnakan hasil diskusi
14.  Sebagai penutup siswa berlatih soal-soal yang ada di buku siswa.
105 menit
Penutup
·         Kegiatan guru  membimbing dan mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman/simpulan.
·         Pemberian tes tulisan /lisan  atau tugas, dan memberikan arahan tindak lanjut pembelajaran, dapat berupa kegiatan di luar kelas, di rumah atau tugas sebagai bagian remidi/pengayaan.
·         Mengajak semua siswa berdo’a  untuk menutup pembelajaran 
25 menit

G.    SUMBER DAN  MEDIA
1.  sumber
a.       Diri anak
b.      Lingkungan keluarga
c.       Lingkungan sekolah
d.      Buku Tematik Kelas IV Depdikbud 2013 halaman 65
e.       Buku Tematik siswa Kelas IV Depdikbud 2013 halaman 36
2. alat
a.         Lapangan
b.         Peluit

H.    PENILAIAN
1.   Prosedur Penilaian
a.       Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
2.    Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes melakukan gerakan , tes tulis dan lisan (terlampir)
3.    Instrumen Penilaian
a.        Penilaian Proses
Penilaian Kinerja
b.      Penilaian Produk
Penilaian Hasil Belajar
-       Melakukan gerakan
-       Isian singkat
-       Esai atau uraian



 Mengetahui                                                 Lintau,     November 2013                 
Kepala Sekolah                                                    Guru penjasorkes

                                                                                               

E R I N A L , S.Pd                                        RIKI RINALDI, S.Pd
     NIP. 19711005 199412 1 002                              NIP. 19860123 201001 1 016




LEMBARAN DISKUSI KELOMPOK

KELOMPOK : 
KELAS          :

NO
NAMA
JABATAN
1

KETUA
2

SEKRETARSI
3

ANGGOTA
4

ANGGOTA
5

ANGGOTA
6

ANGGOTA
7

ANGGOTA
8

ANGGOTA

Soal
1.      Tuliskanlah macam –macam gerakan yang telah dilakukan dilapangan
2.      Tulislah tujuan dari malakukan gerakan tersebut
3.    Tuliskanlah bagian tubuh mana yang banyak mengeluarkan energi
4.    Tuliskanlah sikap- sikap yang baik yang dapat dipelajari dalam kegiatan yang dilakukan dilapangan dalam kehidupan sehari-hari

NO
JAWAB




















Lampiran Penilaian  Siswa             
Kelas / semester   :  IV / 1
Tema                    : II Selalu Hemat Energi
Sub Tema            :II.  Pemanfaatan Energi
Pembelajaran      :3

Penilaian  1. Daftar Periksa PJOK.
No
Kriteria
Skor
1
2
3
4
1
Siswa mampu melakukan semua gerakan yang diminta




2
Siswa mampu bekerja sama dengan teman pasangannya.




3
Siswa mampu mengikuti aturan saat kegiatan





Ket  Skor:
Nilai 4 = Siswa Mampu
Nilai 3 = Sebagian besar siswa mampu
Nilai 2 = Sebagian kecil siswa mampu
Nilai 1 =  Siswa tidak mampu


Nama siswa
Krieria
Nilai
Siswa mampu melakukan semua gerakan yang diminta
Siswa mampu bekerja sama dengan teman pasangannya.
Siswa mampu mengikuti aturan saat kegiatan

1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4























































































































































































































































































































Mengetahui                                                Lintau,  19 November 2013                 
Kepala Sekolah                                                  Guru Penjasorkes

                                                                         

E R I N A L , S.Pd                                        RIKI RINALDI, S.Pd
     NIP. 19711005 199412 1 002                             NIP. 19860123 201001 1 016
Lampiran Penilaian  Siswa                       
Kelas / semester         :  IV / 1
Tema                          : II Selalu Hemat Energi
Sub Tema                  :II.  Pemanfaatan Energi
Pembelajaran             :3

Penilaian  1. Daftar Periksa PJOK.
No
Kriteria
Skor
1
2
3
4
1
Siswa mampu melakukan semua gerakan yang diminta




2
Siswa mampu bekerja sama dengan teman pasangannya.




3
Siswa mampu mengikuti aturan saat kegiatan





Ket  Skor:
Nilai 4 = Siswa Mampu
Nilai 3 = Sebagian besar siswa mampu
Nilai 2 = Sebagian kecil siswa mampu
Nilai 1 =  Siswa tidak mampu


Nama siswa
Krieria
Nilai
Siswa mampu melakukan semua gerakan yang diminta
Siswa mampu bekerja sama dengan teman pasangannya.
Siswa mampu mengikuti aturan saat kegiatan

1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4






















































































































































































































































































































Mengetahui                                                Lintau,  19 November 2013                 
Kepala Sekolah                                                  Guru Penjasorkes

                                                                         

E R I N A L , S.Pd                                        RIKI RINALDI, S.Pd
     NIP. 19711005 199412 1 002                            NIP. 19860123 201001 1 016

Soal Ujian Tulis

Kerjakanlah sola dibawah ini!



NO
Gambar
Nama Kegiatan
Penggunaan energi
Mamfaatnya
1






2







3





 




5







6


 







Tidak ada komentar:

Posting Komentar