Minggu, 10 Februari 2013

PENERAPAN TEORI BELAJAR BEHAVIOR DALAM PEMBELAJARAN


TEORI BELAJAR
KARAKTERISTIK TEORI
LANGKAH PENERAPAN DALAM PEMBELAJARAN
Teori belajar behavioristik (tingkah laku)
Belajar adalah perubahan tingkahlaku. Seseorang dianggap telah belajar sesuatu bila ia mampu menunjukkan perubahan tingkahlaku. Pada teori ini yang terpenting adalah masukkan/input yang berupa stimulus dan keluaran/output yang berupa respons. Sedangkan apa yang telah terjadi diantara stimulus dan respons itu dianggap tak penting diperhatikan sebab tidak bisa diamati. Yang bisa diamati hanyalah stimulus dan respons
1.Menentukan tujuan-tujuan Instruksional
2.Menganalisis lingkungan kelas yang ada saat ini termasuk mengidentifikasikan "entry behavior" mahasiswa (pengetahuan awal mahasiswa)
3.Menentukan materi pelajaran (pokok bahasan)
4.Memecah materi pelajaran menjadi bagian-bagian kecil (sub pokok bahasan, sub topik)
5.Menyajikan materi pelajaran
6.Memberikan stimulus yang mungkin berupa : pertanyaan (lisan/tertulis) tes, latihan dan tugas-tugas
7.Mengamati dan mengkaji respon yang diberikan
8.Memberikan penguatan / reinforcment positip atau negatif
9.Memeberikan stimulus baru
10.  Mengamati dan mengkaji respon yang diberikan
11.   Memberikan penguatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar