Kamis, 17 Oktober 2013

RPP SESUAI STADART PROSES TAHUN 2007



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan                        : SDN 49 LAREH NAN GADANG
Kelas                                 : VI
Semester                            : I
Mata Pelajaran                  : Bahasa Indonesia
Jumlah Pertemuan             : 1 x Pertemuan

I.     Standar Kompetensi
Membaca
3.  Memahami teks dengan membaca Intensif
II.  Kompetensi Dasar
3.1 Mendiskripsikan isi dan teknik penyajian suatu laporan hasil pengamatan atau kunjungan
III.        Indikator Pencapaian Kompetensi
3.11          Membaca teks laporan hasil pengamatan atau kunjungan (Kognitif)
3.12          Mengisi teks bacaan yang rumpang (Psikomotor)
3.13          Menjelaskan isi laporan hasil pengamatan atau kunjungan (Kognitif)
3.14          Melaporkan kembali isi teks laporan hasil pengamatan atau kunjungan dengan kata-kata sendiri (Afektif)
IV.        Tujuan Pembelajaran
1.      Berdasarkan teks yang telah dibaca, siswa dapat membaca teks dalam hati dengan benar (Kognitif)
2.      Setelah membaca teks yang telah dibaca, siswa dapat mengisi teks bacaan yang rumpang (Psikomotor)
3.      Setelah membaca teks siswa dapat menjelaskan isi laporan hasil pengamatan atau kunjungan dengan tepat (Kognitif)
4.      Setelah membaca teks, siswa dapat melaporkan hasil laporan pengamatan atau kunjungan dengan kata-kata sendiri (afektif)


Karakter yang diharapkan :

1.      Rasa ingin tahu
2.      Percaya diri
3.      Teliti

V.      Materi Ajar
Teks Bacaan
Kunjungan Ke Puskesmas Bukittinggi
Pada hari Senin 12 November 2013, sebanyak 30 siswa SDN 05 Birugo mengadakan kunjungan ke Puskesmas Bukittingg. Kami tiba di  Puskesmas pukul 09.00 WIB dan disambut oleh Kepala Puskesmas beserta tenaga medis di Puskesmas itu.
Setelah acara penyambutan, kami segera mengadakan pengamatan. Pertama Kami mengamati lingkungan dan ruang kerja para dokter dan tenaga medis. Suasana lingkungan dan ruangan tampak bersih, sehat, dan rapi.
Kami mengamati pelayanan puskesmas terhadap para pasien. Para petugas dengan sabar, sopan, dan penuh pengertian melayani para pasien. Pasien yang hadir rata-rata 50 orang dalam sehari. Mereka datang dari daerah sekitar puskesmas itu.
Setelah pukul 12.00, kami memohon pamit dan memberikan cindera mata kepada Puskesmas Bukittingi. Kami pulang dengan rasa senang.
VI.       Alokasi Waktu
2 X 35 Menit

VII.      Metode Pembelajaran
1.    Pendekatan Proses Membaca
2.      Tanya jawab
3.      Penugasan
4.      Diskusi

VIII.   KEGIATAN PEMBELAJARAN
a.       Pendahuluan
1.   Menyiapkan kondisi pembelajaran agar peserta didik terlibat baik secara psikis maupun fisik sehingga siap mengikuti proses pembelajaran.
2.   Mencatat kehadiran peserta didik.
3.   Menyampaikan tujuan pembelajaran atau SK dan KD yang akan dicapai,
4.   Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
5.   Mengajukan pertanyaan berkenaan dengan pengetahuan yang sudah dimiliki peserta didik untuk mengaitkan dengan materi yang akan dipelajari
b.      Kegiatan Inti
Eksplorasi
1.      Memberi kesempatan kepada siswa untuk memperhatikan bacaan/ atau mengamati bacaan selama 5 menit ( Indikator I )
2.      Siswa membaca teks bacaan dalam hati selama 15 menit ( Indikator I )
3.      Selesai Membaca teks siswa menutup bacan, agar anak tidak mengulangi bacaan yang telah dibacanya. ( Indikator I )
Elaborasi
4.      Guru membagikan Lembar Kerja Siswa I yang berhubungan dengan mengisi teks rumpang
5.      Siswa mengerjakan Lembaran Kerja Siswa I tentang mengisi Teks bacaan yang rumpang ( Indikator II )
6.      Melakukan tanya jawab untuk mengevaluasi hasil dari Lembaran Kerja Siwa I
7.      Siswa mengumpulkan hasil LKS I ( Indikator II )
8.      Tanya jawab tentang cara menjelaskan isi dari laporan pengamatan atau kunjungan ( Indikator III)
9.      Membagikan Lembaran Kerja Siswa II yang berhubungan dengan menjelaskan isi laporan pengamatan atau kunjungan ( Indikator III)
10.  Siswa Mengerjakan LKS II Untuk menjelaskan isi laporan pengamatan atau kunjungan ( Indikator III)
11.  Melakukan tanya jawab untuk mengevaluasi hasil dari Lembaran Kerja Siwa II ( Indikator III)
12.  Siswa mengumpulkan hasil LKS II ( Indikator III)
13.  Tanya jawab tentang teknik penyajian suatu laporan hasil pengamatan atau kunjungan ( Indikator III)
14.  Siswa ditugasi untuk melaporkan  kembali teks yang telah dibaca ke depan kelas dari teks bacaan dengan kata – kata sendiri ( Indikator IV)
Komfirmasi
15.  Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan terhadap keberhasilan siswa
16.  Memberikan komfirmasi terhadap eksplorasi dan elaborasi dari berbagai sumber
17.  Meberikan kesempatan kepada siswa untuk merepfleksikan untuk memperoleh pengelaman belajar yang dilakukan

c.       Penutup
1.      Bersama-sama dengan peserta didik membuat rangkuman/ kesimpulan pelajaran
2.      Melakukan penilaian terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan,
3.      Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran,
4.      Melakukan perencanaan kegiatan tindak lanjut melalui pembelajaran remedial, program pengayaan, layanan konseling, atau memberikan tugas terstruktur baik secara individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik,
5.      Memotivasi peserta didik untuk mendalami materi pembelajaran melalui kegiatan belajar mandiri,
6.      Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya

IX.         PENILAIAN
a.      Penilaian Kognitif
Prosedur penilaian              : Akhir Proses
Jenis Penilaian                    : Tulisan
Bentuk Penilaian                : Tes
Alat/Instrumen Penilaian    : Soal

b.      Penilaian Afektif
Prosedur Penilian                : Dalam Proses
Jenis Penilaian                        : Lisan (Melaporkan Teks bacaan dengan kata – kata Sendiri)
Bentuk Penilaian                : Pengamatan/ Observasi
Alat/Instrumen Penilaian    : Format Observasi

c.       Penilaian Psikomotor
Prosedur Penilian                : Dalam Proses
Jenis Penilaian                    : Tulisan
Bentuk Penilaian                : Tes
    Alat/Instrumen Penilaian    : Teks Rumpang

















Soal Tes Kognitif
Nama                    :                                                            Kelas  :
Hari/Tanggal       :                                                  
Setelah kamu membaca teks bacaan tentang Kunjungan ke Puskesmas Bukittinggi, buatlah pokok-pokok isi dari teks yang telah dibaca.
1.      Judul laporan                  ....................................................................................
2.      Tujuan                            ....................................................................................
3.      (Hari/Tanggal                 ....................................................................................
4.      Jumlah Peserta               ....................................................................................
5.      Kegiatan kunjungan       ....................................................................................


LEMBAR PENILAIAN
Penilaian Kognitif


NO

Nama Siswa
No Butir Soal
jumlah nilai
1
2
3
4
5
 

bobot nilai

20
20
20
20
20


1








2








3








4








5








6

















No

Nama Siswa

Nilai
Ketuntasan
KKM
Tuntas
Tidak Tuntas
1





2





3





4





5





6





JUMLAH




RATA – RATA




PERSENTASE






Siswa remedial dan  tindak lanjut
Catatan :
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Teks Bacaan ( Untuk Tes Psikomotor)
Bacalah Teks Bacaan  di bacaan di bawah ini dalam Hati selama 15 menit
Nama                     :                                                            Kelas  :
     Hari/Tanggal        :                                                  
Kunjungan Ke Puskesmas Bukittinggi

Pada hari Senin 12 November 2013, siswa (1)...........mengadakan kunjungan ke Puskesmas Bukittinggi. Kami tiba di  Puskesmas pukul (2).........WIB dan disambut oleh Kepala Puskesmas beserta tenaga medis di Puskesmas itu.
Setelah acara penyambutan, kami segera mengadakan pengamatan. Pertama Kami mengamati lingkungan dan (3).................para dokter dan tenaga medis. Suasana lingkungan dan ruangan tampak bersih, sehat, dan rapi.
Kami mengamati pelayanan puskesmas terhadap para pasien. Para petugas dengan sabar, sopan, dan penuh pengertian melayani para pasien. Pasien yang hadir rata-rata (4)...........dalam sehari. Mereka datang dari daerah sekitar puskesmas itu.
Setelah pukul (5)............., kami memohon pamit dan memberikan cindera mata kepada Puskesmas Bukittinggi. Kami pulang dengan rasa senang

Format penilaian Psikomotor

no

nama siswa
mengisi teks rumpang

nilai
sesuai dengan teks bacaan
tdk sesuai
1




2




3




4




5




6





Soal Tes Afektif ( Melaporkan Hasil Teks dengan kalimat sendiri)
Nama                    :                                                            Kelas  :
Hari/Tanggal       :                                                       
Setelah kamu membaca teks kunjungan ke Puskesmas Bukittinggi di atas cobalah kamu ceritakan hasil dari teks di atas dengan kalimatmu sendiri berdasarkan kriteria penilaian yaitu kesesuaian isi teks, kelancaran berbahasa, ekspresi, Bahasa yang runtut, dan jelas
Format menceritakan kembali isi teks bacaan
No
Nama
Aspek yang di nilai


Total
Skor
Konversi Skor Menjadi Nilai
Rata – Rata Nilai
Kesesuaian dengan isi teks (X1)
Kelancaran berbicara
(X2)
Ekspresi
(X3)
Bahasa Runtut dan jelas
(X4)
X1
X2
X3
X4
1











2











3











4











5












Keterangan atau rambu-rambu penilaian
Untuk memberikan skor dapat dinilai setiap komponen dengan cara menuliskan
4 = Sangat sesuai dan tepat
         3 = Sesuai dan kurang tepat
         2 = Kurang sesuai dan kurang tepat
Format Penilaian Hasil Belajar Siswa KD 3.1

No
Nama Siswa
Nilai Hasil Belajar
Jumlah
Rata - Rata
Kognitif
Afektif
Pskomotor
1






2






3






4






5








X.      SUMBER BELAJAR
a.       Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
b.      BSNP (Permendiknas 41 Tahun 2007 tentang Standart Proses)
c.       Sumber Belajar Buku Saya Senang Berbahasa Indonesia  halaman 6-7, Penerbit Erlangga
d.      Lembar kerja siswa
e.       Lembar Penilaian
       Media : Teks bacaan Kunjungan ke Puskesmas Bukittinggi


Mengetahui,                                             Lareh Nan Gadang,      Mei 2013
Kepala Sekolah                                                        Guru Kelas IV


ERINAL, S. Pd                                                   ZUROHMA, S.Pd
NIP. 19711005 199412 1 002                                    NIP. 19690106 199003 2 001






Teks Bacaan
Kunjungan Ke Puskesmas Bukittinggi
Pada hari Senin 12 November 2013, sebanyak 30 siswa SDN 05 Birugo mengadakan kunjungan ke Puskesmas Bukittingg. Kami tiba di  Puskesmas pukul 09.00 WIB dan disambut oleh Kepala Puskesmas beserta tenaga medis di Puskesmas itu.
Setelah acara penyambutan, kami segera mengadakan pengamatan. Pertama Kami mengamati lingkungan dan ruang kerja para dokter dan tenaga medis. Suasana lingkungan dan ruangan tampak bersih, sehat, dan rapi.
Kami mengamati pelayanan puskesmas terhadap para pasien. Para petugas dengan sabar, sopan, dan penuh pengertian melayani para pasien. Pasien yang hadir rata-rata 50 orang dalam sehari. Mereka datang dari daerah sekitar puskesmas itu.
Setelah pukul 12.00, kami memohon pamit dan memberikan cindera mata kepada
Puskesmas Bukittingi. Kami pulang dengan rasa senang.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar