TEORI BELAJAR
|
KARAKTERISTIK TEORI
|
LANGKAH PENERAPAN DALAM
PEMBELAJARAN
|
Teori belajar behavioristik (tingkah laku)
|
Belajar adalah perubahan tingkahlaku. Seseorang dianggap telah
belajar sesuatu bila ia mampu menunjukkan perubahan tingkahlaku. Pada teori
ini yang terpenting adalah masukkan/input yang berupa stimulus dan
keluaran/output yang berupa respons. Sedangkan apa yang telah terjadi
diantara stimulus dan respons itu dianggap tak penting diperhatikan sebab
tidak bisa diamati. Yang bisa diamati hanyalah stimulus dan respons
|
1.Menentukan
tujuan-tujuan Instruksional
2.Menganalisis lingkungan
kelas yang ada saat ini termasuk mengidentifikasikan "entry
behavior" mahasiswa (pengetahuan awal mahasiswa)
3.Menentukan materi
pelajaran (pokok bahasan)
4.Memecah materi
pelajaran menjadi bagian-bagian kecil (sub pokok bahasan, sub topik)
5.Menyajikan materi
pelajaran
6.Memberikan stimulus
yang mungkin berupa : pertanyaan (lisan/tertulis) tes, latihan dan
tugas-tugas
7.Mengamati dan mengkaji
respon yang diberikan
8.Memberikan penguatan /
reinforcment positip atau negatif
9.Memeberikan stimulus
baru
10.
Mengamati dan mengkaji respon yang diberikan
11.
Memberikan penguatan
|
welcome to the official blog of SDN 30 Tepi Selo, Kecamatan Lintau Buo Utara.
Minggu, 10 Februari 2013
PENERAPAN TEORI BELAJAR BEHAVIOR DALAM PEMBELAJARAN
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar