RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah : SDN 49 LAREH NAN GADANG
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Sosial
Kelas / semester
: IV / II
Jumlah
Pertemuan : 1 kali Pertemuan
I.
Standar Kompetensi
2.
Mengenal sumber
daya alam, kegiatan ekonomi, dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten
/kota dan provinsi
II.
Kompetensi Dasar
2.1
Mengenal aktivitas
ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya
III. Indikator
Aspek kognitif
2.1.1
Menyebutkan
pengertian kegiatan ekonomi
2.1.2
Menyebutkan
3 macam kegiatan ekonomi
2.1.3
Menjelaskan
contoh kegiatan ekonomi yang ada di daerahnya
Aspek psikomotor
2.1.4
Mengidentifikasi
masalah kegiatan ekonomi yang ada di daerahnya
Aspek afektif
2.1.5
Menunjukkan
tempat kegiatan ekonomi di daerahnya
IV.
Tujuan Pembelajaran
A.
Dengan
tanya jawab, siswa dapat menyebutkan pengertian kegiatan ekonomi
dengan benar
B.
Dengan
mengamati gambar, siswa dapat menyebutkan 3 macam kegiatan ekonomi dengan benar
C.
Dengan
diskusi kelompok, siswa dapat menjelaskan contoh kegiatan ekonomi yang
berkaitan dengan sumber daya alam dengan benar
D.
Melalui
pembelajaran ini siswa dapat mengidentifikasi masalah kegiatan ekonomi yang
berkaitan dengan sumber daya alam dengan tepat
E.
Siswa
dapat menunjukkan sikap cara memanfaatkan sumber daya alam dengan tepat
V.
Karakter Siswa
yang Diharapkan
1.
Religius
2.
Disiplin
3. Kerja sama
4. Keberanian
5. Tanggung jawab
6. Toleransi
7. Percaya diri
VI. Materi Pelajaran
Kegiatan Ekonomi Berdasarkan Sumber
Daya Alam
1.
Kegiatan
ekonomi
Kegiatan ekonomi adalah
kegiatan yang dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. kegiatan ekonomi dapat berjalan dengan lancar apabila adanya
kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi.
a.
Konsumsi adalah kegiatan
orang memakai atau menggunakan barang untuk memenuhi berbagai kebutuhan
hidupnya dan pelakunya dapat disebut konsumer. Barang yang dikonsumsi dapat
berkurang atau habis manfaat dan nilai gunanya. Contoh, makan, rekreasi dll.
b.
Produksi adalah kegiatan
orang atau pabrik untuk membuat dan menghasilkan suatu barang sedangkan
pelakunya disebut produsen. Menghasilkan suatu barang membutuhkan waktu yang
lama untuk dapat dikonsumsi oleh penggunanya. Contoh kerajinan tangan, rotan,
tekstil dll.
c.
Distribusi adalah
kegiatan yang berhubungan dengan penyaluran barang-barang produksi atau dapat
juga dikatakan sebagai perantara antara produsen dan konsumen. Pelakunya
disebut distributor. Distribusi terdiri dari unsur seperti: Agen, Grosir,
Pedagang eceran, biro, dan makelar.
VII.
Alokasi
Waktu : 2 × 35 menit
VIII. Metode
Pembelajaran
a.
Inkuiri
b.
Diskusi
c.
Tanya
jawab
d.
Ceramah
e.
Penugasan
IX. Langkah-Langkah
Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
(10 menit)
1.
Menyiapkan
kondisi kelas untuk belajar (meminta siswa merapikan tempat duduk, berdoa,
mengambil absen, menulis tanggal dan nama mata pelajaran di papan tulis)
2.
Apersepsi :
Bertanya jawab tentang pelajaran yang dipelajari sebelumnya.
3.
Membuka skemata
siswa
Bertanya jawab
tentang pengertian sumber daya alam
Bertanya jawab
tentang sumber daya alam yang dapat dikembangkan di lingkungannya
4.
Siswa mendengarkan
guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
B. Kegiatan Inti (45 menit)
Eksplorasi
Tahap 1 : Orientasi
a.
Siswa mengondisikan
kelas sebelum pembelajaran di mulai
b.
Siswa diminta untuk
fokus mendengarkan topik pembebelajaran yang akan diajarkan guru
c.
Siswa mendengarkan
tujuan pembelajaran yang disampaikan guru
d.
Siswa mendengarkan
langkah – langkah pembelajaran yang akan di lakukan dengan menggunakan metode
inkuiri
Elaborasi
Tahap 2: Merumuskan Masalah
a.
Menimbulkan rasa
ingin tahu siswa dengan mengajukan apa yang akan di bahas siswa tentang
kegiatan ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam
b.
Melakukan tanya
jawab tentang pokok bahasan kegiatan ekonomi
c.
Mengajukan rumusan
masalah yang dapat menuntun siswa menemukan jawaban dari pokok bahasan kegiatan
ekonomi
1. Apa tujuan orang melakukan kegiatan ekonomi?
2. Untuk apa manusia bercocok tanam, menjual sayuran,
membuat baju
Tahap 3: merumuskan hipotesis
a.
Siswa mengajukan
jawaban sementara dari masalah yang telah diajukan
b.
Menjawab masalah
yang diajukan guru berdasarkan pengetahuan siswa
c.
Memberikan dugaan
sementara yang berkaitan dengan pertanyaan pada tahap perumusan masalah yaitu
kegiatan ekonomi untuk untuk menghasilkan barang dan jasa
d.
Siswa mencatat
jawaban sementara yang diajukan siswa
Tahap 4: mengumpulkan data
a.
Guru mengajukan
pertayaan untuk mendorong siswa berfikir untuk mencari informasi seputar contoh
kegiatan ekonomi produksi, distribusi dan konsumsi
b.
Siswa megumpulkan
pikiran dalam kelompok dari pertanyaan yang diajukan
c.
Siswa dibagikan
Lembaran Kerja Siswa (LKS) tentang kegiatan ekonomi
d.
Siswa memperhatikan
penjelasan guru tentang langkah – langkah mengisi LKS yang telah dibagikan
e.
Siswa memahami
langkah – langkah mengisi LKS dalam kelompok
Tahap 5 : menguji hipotesis
a.
Siswa membuktikan
jawaban dari masalah kegiatan ekonomi yang diajukan dari buku sumber
b.
Guru membimbing
siswa menganalisis dan membuktikan jawaban dari buku sumber yang dimiliki siswa
c.
Siswa berdiskusi
dalam kelompok untuk mengisi LKS tentang kegiatan ekonomi
Tahap 6 : merumuskan kesimpulan
a.
Mengemukakan
pendapat tentang kesimpulan yang akan diambil berdasarkan diskusi yang telah di
lakukan tentang kegiatan ekonomi
b.
Menyajikan
kesimpulan hasil diskusi kelompok kedepan kelas
c.
Kelompok
lain memberikan tanggapan terhadap kelompok yang telah melaporkan hasil diskusi
kegiatan ekonomi
d.
Bersama
guru menyimpulkan hasil diskusi secara keseluruhan
Komfirmasi
1. Memberikan umpan balik positif dan penguatan
dalam bentuk lisan terhadap keberhasilan siswa
2. Memberikan komfirmasi terhadap eksplorasi dan
elaborasi dari berbagai sumber
3. Meberikan kesempatan kepada siswa untuk
merepfleksikan untuk memperoleh pengelaman belajar yang dilakukan
C. Penutup
1.
Bersama-sama
dengan peserta didik membuat rangkuman/ kesimpulan pelajaran
2.
Melakukan
penilaian terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan,
3.
Memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran,
4.
Melakukan
perencanaan kegiatan tindak lanjut melalui pembelajaran remedial, program
pengayaan, layanan konseling, atau memberikan tugas terstruktur baik secara
individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik,
5.
Memotivasi
peserta didik untuk mendalami materi pembelajaran melalui kegiatan belajar
mandiri,
6.
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
X.
Media dan Sumber
Belajar
1.
Media :
a.
Gambar macam
kegiatan ekonomi
2.
Sumber
:
a. Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan. 2006. Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta.
b. Tim Bina Karya Guru. 2006. IPS Terpadu untuk SD Kelas IV. Jakarta: Erlangga
c. Tantya Hisnu dan Winardi. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk SD/MI Kelas 4. Jakarta : Pusat
Perbukuan Depdiknas
d. Retno Heny Pujiati dan Umi
Yuliati. 2008. Cerdas Pengetahuan Sosial Untuk Kelas IV SD. Jakarta : Pusat Perbukuan Depdiknas
e. LKS
f. Kunci LKS
XI.
Penilaian
1.
Teknik
Penilaian
a.
Tes
b.
Lisan
c.
Perbuatan
2.
Bentuk Penilaian : Pilihan ganda
dan Essay
3.
Alat/ Instrumen
Penilaian : Soal dan Kunci Jawaban
(terlampir)
Penilaian
individu : menggunakan penilaian yang dilengkapi dengan kunci jawaban
Penilaian
kelas : menggunakan lembar penilaian proses berupa tabel
a.
Penilaian
Kognitif
1.
Ketepatan jawaban siswa dalam
mengerjakan tugas/ latihan
2.
Pemahaman siswa terhadap materi yang
diajarkan
b.
Penilaian
Afektif
Prosedur Penilaian :
Dalam Proses
Jenis Penilaian :
Non Tes
Bentuk Penilaian :
Pengamatan/Observasi
Alat/ Instrumen Penilaian : Format
Observasi
c.
Penilaian Psikomotor (dalam
kelompok)
Prosedur Penilaian : Dalam Proses
Jenis Penilaian : Non Tes
Bentuk Penilaian : Pengamatan/Observasi
Alat/ Instrumen
Penilaian : Format Observasi
Mengetahui, Lareh Nan Gadang, Mei 2013
Kepala Sekolah Guru
Kelas IV
ERINAL, S. Pd ZUROHMA, S.Pd
NIP. 19711005 199412 1 002 NIP.
19690106 199003 2 001
(JIKA INGIN LENGKAP SEMUA RPP DENGAN SEMUA METIDE HUBUNGI SDN 49 LAREH NAN GADANG DI : 085363470101. )
LEMBAR KERJA SISWA
Pertemuan I
Mata Pelajaran : IPS
Kelas/Semester :IV/2
Nama kelompok :
Anggota kelompok : 1. 5.
2. 6.
3. 7.
4.
Judul :
Mengidentifikasi jenis kegiatan ekonomi
Tujuan : Siswa
dapat mengidentifikasi jenis kegiatan ekonomi
Petunjuk:
a.
Baca petunjuk
dengan baik !
b.
Kerjakan sesuai
dengan petunjuk yang ada dalam LKS
c.
Masing-masing
anggota kelompok mencari informasi dari sumber (lingkungan dan buku paket) yang
dimiliki
d.
Jawablah
beberapa pertanyaan berikut ini dengan berdiskusi bersama anggota kelompokmu !
- Lengkapilah tabel di bawah ini dengan memberi tanda checklist (ü) !
No
|
Kegiatan
Ekonomi
|
Produksi
|
Distribusi
|
Konsumsi
|
1
|
Menjahit baju
|
|
|
|
2
|
Membeli buku tulis
|
|
|
|
3
|
Makan nasi
|
|
|
|
4
|
Menangkap ikan
|
|
|
|
5
|
Bercocok tanam
|
|
|
|
6
|
Memakai sepatu baru
|
|
|
|
7
|
Makan buah-buahan
|
|
|
|
8
|
Menjual
sayur-sayuran
|
|
|
|
9
|
Menjual
sepatu
|
|
|
|
10
|
Minum
susu
|
|
|
|
- Apa yang terjadi apabila, tidak ada kegiatan produksi dan distribusi?
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
- Apabila sumber daya alam semakin berkurang atau punah, apakah akibat yang akan ditimbulkan? Dan sebagai warganegara Indonesia yang baik apa yang harus kamu lakukan?
Akibatnya
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Sebagai warga negara yang baik kita harus
..………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
- Apa akibat bagi kegiatan ekonomi jika terjadi hutan telah gundul?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
5.
Sebutkan
2 contoh kegiatan ekonomi di daerah mu?
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Tidak ada komentar:
Posting Komentar