RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan pendidikan : SDN 49
LAREH NAN GADANG LINTAU
Kelas / semester :
IV / 1
Tema : II Selalu Hemat Energi
Sub Tema : II.
Pemanfaatan Energi
Pembelajaran
: 3
Petemuan ke :
Alokasi waktu : 4x 35 menit (2xpertemuan)
A. KOMPETENSI INTI
1. Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat,
membaca dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah,
sekolah
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan
sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia
B. KOMPETENSI DASAR
Penjas Orkes
4.3
Mempraktikkan
berbagai aktivitas kebugaran jasmani untuk mencapai tinggi dan berat badan ideal
IPA
3.4 Membedakan berbagai bentuk energi melalui pengamatan dan
memdeskripsikan pemamfaatan dalam kehidupan sehari-hari
4.6
Menyajikan
laporan tentang sumberdaya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat
BAHASA
INDONESIA
3.1
Menggali
informasi dari teks laporan hasil
pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan
guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan
memilah kosakata baku
4.1
Mengamati,
mengolah, dan menyajikan teks laporan
hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Penjas Orkes
-
Menjelaskan
pengharuh aktifitas fisik dan
istirahat terhadap pertumbuhan dan perkembangan tubuh
-
Mempraktikkan berbagai
aktivitas kebugaran jasmani yang berhubungan dengan latihan daya
tahan dan kekuatan serta kelenturan
IPA
-
Menjelaskan pemanfaatan
energi alternatif (matahari)
BAHASA
INDONESIA
-
Menuliskan informasi
tentang pemanfaatan energi alternatif
(matahari)
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah membaca teks, mengamati gambar, diskusi
kelompok,memperhatikan penjelasan dari guru, melihat demonstrasi dari guru,
siswa mampu :
1. Menjelaskan pengharuh aktifitas fisik dan istirahat terhadap pertumbuhan
dan perkembangan tubuh
2. Mempraktikkan aktivitas kebugaran jasmani yang berhubungan
dengan latihan daya tahan dan kekuatanserta kelenturan.
3. Membuat poster tentang hemat energi dengan mandiri.
4. Menggali informasi tentang pemanfaatan dan beda energi alternatif (matahari).
E.
MATERI AJAR
a.
Pengharuh aktifitas fisik dan istirahat terhadap pertumbuhan
dan perkembangan tubuh
b.
Latihan
daya tahan dan kekuatan serta kelenturan
c.
Manfaat energi
alternatif (matahari)dan dan membuat poster tentang hemat energi
F.
METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Penugasan, Tanya Jawab,
Diskusi, Ceramah,
demonstrasi
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
a. Orientasi
mengajak siswa berdoa , dan melihat kehadiran siswa
b.
Memusatkan
perhatian peserta didik pada materi yang akan dibelajarkan, dengan cara
menunjukkan gambar yang menarik, atau
kegiatan yang menarik
c.
Apersepsi
Memberikan apersepsi
awal kepada peserta didik tentang tema
yang akan diajarkan dengan bernayanyi bersama menurut irama yang sudah
diketahui siswa
d.
Memotivasi
siswa
Guru memberikan gambaran manfaat
mempelajari tema yang
akan diajarkan.
e.
Pemberian
Acuan
Berkaitan dengan tema yang akan dipelajari.
Acuan dapat berupa penjelasan tema dan materi dari beberapa mata pelajaran,menjelaskann tujuan materi yang akan dipelajari.
Pembagian kelompok belajar.
Penjelasan mekanisme pelaksanaan
pengalaman belajar (sesuai dengan rencana langkah-langkah pembelajaran).
|
10 menit
|
Inti
|
1. Peserta didik mengamati
buku siswa dan membaca tek dan mendengarkan penjelasan dari guru tentang
latihan kekuatan daya tahan dan kelenturan sit up, pus up naik
turuntangga,duduk selunjur dan senam jongkok berdiri
2. Siswa keluar dari dalam kelas
mengganti pakaian dengan pakaian olahraga
3. Guru memberikan motivasi atau memberikan pertanyaan untuk
mengggali pemahaman siswa dan sikap
–sikap yang diperlukan dalam latihan daya tahan ,kekuatan dan kelenturan
4. Siswa diberi kesempatan untuk berbagi jawaban
5. Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok
6. Siswa melakukan pemanasan dibawah bimbingan guru atau perkelompok
sampai melakukan gerakan peregangan otot –otot mulai dari otot bagian atas
sampai pada otot kaki boleh dengan menggunakan musik
7. Siswa berbaris dikelompok masing –masing
8. Siswa melakukan gerakan sit up, pus up , naik turun tangga dan
duduk selunjur perkelompok
9. Guru membibing siswa melakukan gerakan secara sirkuit mulai dari
gerakan sit up,pus up, naik turuntangga dan duduk selunjur
10. Guru mengarahkan siswa
untuk mampu menganalisis gerakan yang telah diperagakandi lapangan.
Tujuan kegiatan ini adalah agar anak mampu menganalisis gerakan yang
dilakukan, mengenal bagian tubuh yang banyak mengeluarkan energi
Penilaian proses:
1. Siswa mampu melakukan semua gerakan yang diminta dengan benar
2. Siswa mampu bekerja sama dengan bekerja sama dengan teman
pasangannya.
3. Siswa mampu mengikuti aturan saat kegiatan
4. Jika ada siswa yang belum benar dalam melakukan gerakan dan sikap yang kurang baik ditunjukkan oleh siswa guru,
langsung memperbaiki sebelum melanjutkan kegiatan
5. Kelompok yang paling baik dan benargerakannya di beri hadiah dan
semangat
6. Setelah kegiatan dirasa cukup siswa masuk kedalam kelas dan
melakukan diskusi kelompok sambil pendinginan
7.Peserta didik mendengarkan penjelasan
mengenai kegiatan yang akan dilaksanakan selama melaksanakan kegiatan diskusi
8.Peserta didik mendengarkan arahan guru
agar dalam kegiatan diskusi dapat bekerjasama dengan baik, santun dan
menghargai pendapat teman
9. Guru membagikan lembaran kerja pada tiap kelompok
10. Peserta didik diberi waktu untuk
mendiskusikanlembaran
kerja , setelah itu peserta didik melaporkan
hasil diskusi kedepan kelas
11.Guru melakukan penilaian peserta didik selama pelaksanaan diskusi
12. Kelompok lain yang tidak bertugas
melaporkan diminta untuk menaggapi hasil laporan yang dibacakan kedepan kelas
13. Guru melengkapi atau menyempurnakan hasil diskusi
14. Sebagai penutup siswa berlatih soal-soal yang ada di buku siswa.
|
105 menit
|
Penutup
|
·
Kegiatan
guru membimbing dan mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman/simpulan.
·
Pemberian
tes tulisan /lisan atau tugas, dan
memberikan arahan tindak lanjut pembelajaran, dapat berupa kegiatan di luar
kelas, di rumah atau tugas sebagai bagian remidi/pengayaan.
·
Mengajak semua siswa berdo’a untuk menutup pembelajaran
|
25 menit
|
G.
SUMBER DAN MEDIA
1. sumber
a. Diri anak
b. Lingkungan keluarga
c. Lingkungan sekolah
d. Buku Tematik Kelas IV Depdikbud 2013 halaman 65
e. Buku Tematik siswa Kelas IV Depdikbud 2013 halaman 36
2. alat
a.
Lapangan
b.
Peluit
H.
PENILAIAN
1. Prosedur Penilaian
a. Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan
pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
2. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes melakukan
gerakan , tes tulis dan lisan (terlampir)
3. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses
Penilaian Kinerja
b.
Penilaian Produk
Penilaian Hasil Belajar
-
Melakukan gerakan
-
Isian singkat
-
Esai atau uraian
Kepala Sekolah Guru penjasorkes
E R I N A L , S.Pd
RIKI RINALDI, S.Pd
NIP. 19711005 199412 1 002 NIP. 19860123 201001 1 016
LEMBARAN
DISKUSI KELOMPOK
KELOMPOK
:
KELAS :
NO
|
NAMA
|
JABATAN
|
1
|
KETUA
|
|
2
|
SEKRETARSI
|
|
3
|
ANGGOTA
|
|
4
|
ANGGOTA
|
|
5
|
ANGGOTA
|
|
6
|
ANGGOTA
|
|
7
|
ANGGOTA
|
|
8
|
ANGGOTA
|
Soal
1.
Tuliskanlah
macam –macam gerakan yang telah dilakukan dilapangan
2.
Tulislah
tujuan dari malakukan gerakan tersebut
3.
Tuliskanlah
bagian
tubuh mana yang banyak mengeluarkan energi
4.
Tuliskanlah
sikap- sikap yang baik yang dapat dipelajari
dalam kegiatan yang dilakukan dilapangan dalam kehidupan sehari-hari
NO
|
JAWAB
|
Lampiran Penilaian Siswa
Kelas / semester : IV / 1
Tema :
II Selalu Hemat Energi
Sub Tema :II. Pemanfaatan Energi
Pembelajaran :3
Penilaian 1. Daftar Periksa PJOK.
No
|
Kriteria
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Siswa mampu melakukan semua gerakan yang
diminta
|
||||
2
|
Siswa mampu bekerja sama dengan teman
pasangannya.
|
||||
3
|
Siswa mampu mengikuti aturan saat
kegiatan
|
Ket Skor:
Nilai 4 = Siswa Mampu
Nilai 3 = Sebagian besar siswa mampu
Nilai 2 = Sebagian kecil siswa mampu
Nilai 1 = Siswa tidak mampu
Nama siswa
|
Krieria
|
Nilai
|
|||||||||||
Siswa mampu melakukan semua gerakan yang
diminta
|
Siswa mampu bekerja sama dengan teman pasangannya.
|
Siswa mampu mengikuti aturan saat
kegiatan
|
|||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
Mengetahui Lintau, 19
November 2013
Kepala Sekolah Guru Penjasorkes
E R I N A L , S.Pd RIKI RINALDI,
S.Pd
NIP. 19711005 199412 1 002 NIP. 19860123 201001 1 016
Lampiran
Penilaian Siswa
Kelas / semester : IV / 1
Tema : II Selalu Hemat Energi
Sub Tema :II. Pemanfaatan Energi
Pembelajaran :3
Penilaian 1. Daftar Periksa PJOK.
No
|
Kriteria
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Siswa mampu melakukan semua gerakan yang
diminta
|
||||
2
|
Siswa mampu bekerja sama dengan teman
pasangannya.
|
||||
3
|
Siswa mampu mengikuti aturan saat
kegiatan
|
Ket Skor:
Nilai 4 = Siswa Mampu
Nilai 3 = Sebagian besar siswa mampu
Nilai 2 = Sebagian kecil siswa mampu
Nilai 1 = Siswa tidak mampu
Nama siswa
|
Krieria
|
Nilai
|
|||||||||||
Siswa mampu melakukan semua gerakan yang
diminta
|
Siswa mampu bekerja sama dengan teman
pasangannya.
|
Siswa mampu mengikuti aturan saat
kegiatan
|
|||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
Mengetahui Lintau, 19
November 2013
Kepala Sekolah Guru Penjasorkes
E R I N A L , S.Pd RIKI RINALDI,
S.Pd
NIP. 19711005 199412 1 002 NIP. 19860123 201001 1 016
Soal Ujian
Tulis
Kerjakanlah sola dibawah ini!
NO
|
Gambar
|
Nama Kegiatan
|
Penggunaan energi
|
Mamfaatnya
|
1
|
||||
2
|
||||
3
|
||||
5
|
||||
6
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar