RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SDN 49 LAREH NAN GADANG
Kelas : VI
Semester : I
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Jumlah Pertemuan :
1 x Pertemuan
I.
Standar
Kompetensi
Membaca
3. Memahami teks dengan
membaca Intensif
II.
Kompetensi Dasar
3.1 Mendiskripsikan isi dan teknik penyajian suatu laporan hasil pengamatan
atau kunjungan
III.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.11
Membaca teks laporan hasil pengamatan atau kunjungan
(Kognitif)
3.12
Mengisi teks bacaan yang rumpang (Psikomotor)
3.13
Menjelaskan isi laporan hasil pengamatan atau kunjungan
(Kognitif)
3.14
Melaporkan kembali isi teks laporan hasil pengamatan atau kunjungan
dengan kata-kata sendiri (Afektif)
IV.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Berdasarkan teks yang telah dibaca, siswa dapat membaca
teks dalam hati dengan benar (Kognitif)
2. Setelah membaca teks yang telah dibaca, siswa
dapat mengisi teks bacaan yang rumpang (Psikomotor)
3. Setelah membaca teks siswa dapat menjelaskan
isi laporan hasil pengamatan atau kunjungan dengan tepat (Kognitif)
4.
Setelah membaca teks, siswa dapat melaporkan hasil
laporan pengamatan atau kunjungan dengan kata-kata sendiri (afektif)
Karakter yang diharapkan :
1.
Rasa ingin tahu
2.
Percaya diri
3.
Teliti
V.
Materi
Ajar
Teks Bacaan
Kunjungan Ke Puskesmas Bukittinggi
Pada hari Senin 12 November 2013, sebanyak 30 siswa SDN 05 Birugo
mengadakan kunjungan ke Puskesmas Bukittingg. Kami tiba di Puskesmas pukul 09.00 WIB dan disambut oleh
Kepala Puskesmas beserta tenaga medis di Puskesmas itu.
Setelah acara penyambutan, kami segera mengadakan pengamatan. Pertama Kami
mengamati lingkungan dan ruang kerja para dokter dan tenaga medis. Suasana
lingkungan dan ruangan tampak bersih, sehat, dan rapi.
Kami mengamati pelayanan puskesmas terhadap para pasien. Para petugas
dengan sabar, sopan, dan penuh pengertian melayani para pasien. Pasien yang
hadir rata-rata 50 orang dalam sehari. Mereka datang dari daerah sekitar
puskesmas itu.
Setelah pukul 12.00, kami memohon pamit dan memberikan cindera mata kepada
Puskesmas Bukittingi. Kami pulang dengan rasa senang.
VI. Alokasi Waktu
2 X 35 Menit
VII.
Metode Pembelajaran
1. Pendekatan Proses Membaca
2. Tanya jawab
3. Penugasan
4. Diskusi
VIII.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
a. Pendahuluan
1. Menyiapkan kondisi pembelajaran agar peserta didik
terlibat baik secara psikis maupun fisik sehingga siap mengikuti proses pembelajaran.
2. Mencatat kehadiran peserta didik.
3. Menyampaikan tujuan pembelajaran atau SK dan KD yang
akan dicapai,
4. Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian
kegiatan sesuai silabus.
5. Mengajukan pertanyaan berkenaan dengan pengetahuan yang sudah dimiliki
peserta didik untuk mengaitkan dengan materi yang akan dipelajari
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
1. Memberi kesempatan kepada siswa untuk
memperhatikan bacaan/ atau mengamati bacaan selama 5 menit ( Indikator I )
2. Siswa membaca teks bacaan dalam hati selama 15
menit ( Indikator I )
3. Selesai Membaca teks siswa menutup bacan, agar
anak tidak mengulangi bacaan yang telah dibacanya. ( Indikator I )
Elaborasi
4. Guru membagikan Lembar Kerja Siswa I yang
berhubungan dengan mengisi teks rumpang
5. Siswa mengerjakan Lembaran Kerja Siswa I
tentang mengisi Teks bacaan yang rumpang ( Indikator II )
6. Melakukan tanya jawab untuk mengevaluasi hasil
dari Lembaran Kerja Siwa I
7. Siswa mengumpulkan hasil LKS I ( Indikator II )
8. Tanya jawab tentang cara menjelaskan isi dari
laporan pengamatan atau kunjungan ( Indikator III)
9. Membagikan Lembaran Kerja Siswa II yang
berhubungan dengan menjelaskan isi laporan pengamatan atau kunjungan ( Indikator
III)
10. Siswa Mengerjakan LKS II Untuk menjelaskan isi
laporan pengamatan atau kunjungan ( Indikator III)
11. Melakukan tanya jawab untuk mengevaluasi hasil
dari Lembaran Kerja Siwa II ( Indikator III)
12. Siswa mengumpulkan hasil LKS II ( Indikator III)
13. Tanya jawab tentang teknik penyajian suatu
laporan hasil pengamatan atau kunjungan ( Indikator III)
14. Siswa ditugasi untuk melaporkan kembali teks yang telah dibaca ke depan kelas
dari teks bacaan dengan kata – kata sendiri ( Indikator IV)
Komfirmasi
15. Memberikan umpan balik positif dan penguatan
dalam bentuk lisan terhadap keberhasilan siswa
16. Memberikan komfirmasi terhadap eksplorasi dan
elaborasi dari berbagai sumber
17. Meberikan kesempatan kepada siswa untuk
merepfleksikan untuk memperoleh pengelaman belajar yang dilakukan
c. Penutup
1.
Bersama-sama dengan peserta didik membuat rangkuman/ kesimpulan
pelajaran
2.
Melakukan penilaian terhadap kegiatan pembelajaran yang telah
dilakukan,
3.
Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran,
4.
Melakukan perencanaan kegiatan tindak lanjut melalui pembelajaran
remedial, program pengayaan, layanan konseling, atau memberikan tugas
terstruktur baik secara individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar
peserta didik,
5.
Memotivasi peserta didik untuk mendalami materi pembelajaran
melalui kegiatan belajar mandiri,
6.
Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
IX.
PENILAIAN
a. Penilaian Kognitif
Prosedur penilaian : Akhir Proses
Jenis Penilaian : Tulisan
Bentuk Penilaian : Tes
Alat/Instrumen Penilaian : Soal
b. Penilaian Afektif
Prosedur Penilian : Dalam Proses
Jenis Penilaian : Lisan (Melaporkan Teks bacaan dengan kata – kata
Sendiri)
Bentuk Penilaian : Pengamatan/ Observasi
Alat/Instrumen Penilaian : Format Observasi
c. Penilaian Psikomotor
Prosedur Penilian : Dalam Proses
Jenis Penilaian : Tulisan
Bentuk Penilaian : Tes
Alat/Instrumen Penilaian : Teks Rumpang
Soal Tes Kognitif
Nama :
Kelas :
Hari/Tanggal :
Setelah kamu membaca teks bacaan tentang
Kunjungan ke Puskesmas Bukittinggi, buatlah pokok-pokok isi dari teks yang
telah dibaca.
1. Judul laporan ....................................................................................
2. Tujuan ....................................................................................
3. (Hari/Tanggal ....................................................................................
4. Jumlah Peserta ....................................................................................
5. Kegiatan kunjungan ....................................................................................
LEMBAR PENILAIAN
Penilaian Kognitif
NO
|
Nama Siswa
|
No Butir Soal
|
jumlah nilai
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
bobot nilai
|
||||||||
20
|
20
|
20
|
20
|
20
|
||||
1
|
||||||||
2
|
||||||||
3
|
||||||||
4
|
||||||||
5
|
||||||||
6
|
No
|
Nama Siswa
|
Nilai
|
Ketuntasan
|
KKM
|
|
Tuntas
|
Tidak Tuntas
|
||||
1
|
|||||
2
|
|||||
3
|
|||||
4
|
|||||
5
|
|||||
6
|
|||||
JUMLAH
|
|||||
RATA – RATA
|
|||||
PERSENTASE
|
Siswa
remedial dan tindak lanjut
Catatan
:
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Teks Bacaan ( Untuk Tes Psikomotor)
Bacalah Teks Bacaan di bacaan di bawah ini dalam Hati selama 15
menit
Nama :
Kelas :
Hari/Tanggal :
Kunjungan Ke Puskesmas Bukittinggi
Pada hari Senin 12 November 2013, siswa (1)...........mengadakan kunjungan
ke Puskesmas Bukittinggi. Kami tiba di
Puskesmas pukul (2).........WIB dan disambut oleh Kepala Puskesmas
beserta tenaga medis di Puskesmas itu.
Setelah acara penyambutan, kami segera mengadakan pengamatan. Pertama Kami
mengamati lingkungan dan (3).................para dokter dan tenaga medis.
Suasana lingkungan dan ruangan tampak bersih, sehat, dan rapi.
Kami mengamati pelayanan puskesmas terhadap para pasien. Para petugas
dengan sabar, sopan, dan penuh pengertian melayani para pasien. Pasien yang
hadir rata-rata (4)...........dalam sehari. Mereka datang dari daerah sekitar
puskesmas itu.
Setelah pukul (5)............., kami memohon pamit dan memberikan cindera
mata kepada Puskesmas Bukittinggi. Kami pulang dengan rasa senang
Format penilaian
Psikomotor
no
|
nama siswa
|
mengisi teks
rumpang
|
nilai
|
|
sesuai dengan
teks bacaan
|
tdk sesuai
|
|||
1
|
||||
2
|
||||
3
|
||||
4
|
||||
5
|
||||
6
|
Soal Tes Afektif ( Melaporkan Hasil Teks
dengan kalimat sendiri)
Nama :
Kelas :
Hari/Tanggal :
Setelah kamu membaca teks kunjungan ke Puskesmas Bukittinggi di atas
cobalah kamu ceritakan hasil dari teks di atas dengan kalimatmu sendiri
berdasarkan kriteria penilaian yaitu kesesuaian isi teks, kelancaran berbahasa,
ekspresi, Bahasa yang runtut, dan jelas
Format menceritakan kembali isi teks bacaan
No
|
Nama
|
Aspek yang di nilai
|
Total
Skor
|
Konversi Skor Menjadi Nilai
|
Rata – Rata Nilai
|
||||||
Kesesuaian dengan isi teks (X1)
|
Kelancaran berbicara
(X2)
|
Ekspresi
(X3)
|
Bahasa Runtut dan jelas
(X4)
|
X1
|
X2
|
X3
|
X4
|
||||
1
|
|||||||||||
2
|
|||||||||||
3
|
|||||||||||
4
|
|||||||||||
5
|
Keterangan atau rambu-rambu penilaian
Untuk memberikan skor dapat dinilai setiap
komponen dengan cara menuliskan
4 = Sangat sesuai dan tepat
3 = Sesuai dan kurang tepat
2 = Kurang sesuai dan kurang tepat
Format Penilaian Hasil Belajar Siswa KD 3.1
No
|
Nama Siswa
|
Nilai Hasil Belajar
|
Jumlah
|
Rata - Rata
|
||
Kognitif
|
Afektif
|
Pskomotor
|
||||
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
5
|
X.
SUMBER BELAJAR
a. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
b. BSNP (Permendiknas 41 Tahun 2007 tentang
Standart Proses)
c. Sumber Belajar Buku Saya Senang Berbahasa
Indonesia halaman 6-7, Penerbit Erlangga
d. Lembar kerja siswa
e. Lembar Penilaian
Media : Teks bacaan Kunjungan
ke Puskesmas Bukittinggi
Mengetahui, Lareh Nan Gadang, Mei 2013
Kepala Sekolah Guru Kelas IV
ERINAL, S. Pd ZUROHMA, S.Pd
NIP. 19711005 199412 1 002 NIP.
19690106 199003 2 001
Teks Bacaan
Kunjungan Ke Puskesmas Bukittinggi
Pada hari Senin 12 November 2013, sebanyak 30 siswa SDN
05 Birugo mengadakan kunjungan ke Puskesmas Bukittingg. Kami tiba di Puskesmas pukul 09.00 WIB dan disambut oleh
Kepala Puskesmas beserta tenaga medis di Puskesmas itu.
Setelah acara penyambutan, kami segera mengadakan
pengamatan. Pertama Kami mengamati lingkungan dan ruang kerja para dokter dan
tenaga medis. Suasana lingkungan dan ruangan tampak bersih, sehat, dan rapi.
Kami mengamati pelayanan puskesmas terhadap para pasien.
Para petugas dengan sabar, sopan, dan penuh pengertian melayani para pasien.
Pasien yang hadir rata-rata 50 orang dalam sehari. Mereka datang dari daerah
sekitar puskesmas itu.
Setelah pukul 12.00, kami memohon pamit dan
memberikan cindera mata kepada
Puskesmas Bukittingi. Kami pulang dengan rasa
senang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar