Hasil
Penilaian Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP )
Isilah instrumen penilaian observasi Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP ) berikut dengan memberikan tanda ( √ ) pada
kolom yang sesuai!
No
|
Karakteristik
penilaian
|
Deskriptor
|
Deskriptor
Yang Muncul
|
Kualifikasi
|
|||
SB
4
|
B
3
|
C
2
|
K
1
|
||||
1
|
Kejelasan
perumusan tujuan pembelajaran
|
a.
Rumusan tujuan pembelajaran jelas
b. Rumusan tujuan pembelajaran tidak
menimbulkan penafsiran ganda
c.
Rumusan tujuan pembelajaran lengkap (memenuhi A=
Audence, B= Behavior, C= Condition, D= Degree)
d. Rumusan tujuan pembelajaran berurutan
secara logis dari yang mudah ke yang sukar
|
√
√
√
√
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
4
|
|
|
|
||
2
|
Pemilihan materi
ajar
|
a. Materi ajar sesuai dengan tujuan
pembelajaran
b. Materi ajar sesuai dengan karakteristik
siswa
c. Materi ajar sesuai dengan lingkungan
yang tersedia
d. Materi ajar sesuai dengan bahan yang
akan diajarkan
|
√
√
√
√
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
4
|
|
|
|
||
3
|
Pengorganisasian
materi ajar
|
a.
Cakupan materi luas
b.
Materi ajar sistematis
c.
Sesuai dengan alokasi waktu
d.
Sesuai dengan tujuan pembelajaran
|
√
√
√
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
3
|
|
|
||
4
|
Pemilihan
sumber/media pembelajaran
|
a.
Sesuai dengan tujuan pembelajaran
b.
Sesuai dengan materi pembelajaran
c.
Sesuai dengan karakteristik siswa
d.
Sesuai dengan lingkungan siswa
|
√
√
√
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
3
|
|
|
||
5
|
Menyusun
langkah-langkah pembelajaran
|
a. Langkah pembelajaran berurut (awal,
inti, dan penutup)
b. Langkah pembelajaran sesuai dengan alokasi
waktu
c. Langkah pembelajaran sesuai dengan
materi pembelajaran
d. Langkah pembelajaran jelas dan
rinci
|
√
√
√
√
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
4
|
|
|
|
||
6
|
Kelengkapan
instrumen
|
a.
Soal lengkap
b.
Soal sesuai dengan tujuan pembelajaran
c.
Soal disertai dengan kunci jawaban
d.
Soal disertai pedoman penskoran yang lengkap
|
√
√
√
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
3
|
|
|
||
7
|
Tampilan Dokumen
Rencana Pembelajaran
|
a.
Tampilan bersih (tanpa coretan atau noda) dan menarik
b.
Tulisan dapat dibaca dengan mudah
c.
Bahasa yang diginakan komunikatif
d.
Penulisan sesuai dengan EYD
|
√
√
√
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
3
|
|
|
||
Jumlah Akhir
|
24
|
|
|
|
|
||
Nilai Akhir
|
85,71
|
|
|
|
|
Keterangan :
Sangat Baik (SB) : 4, jika semua deskriptor tergambar
dalam RPP
Baik (B) : 3, jika hanya tiga
deskriptor yang tergambar pada RPP
Cukup (C) : 2, jika hanya dua deskriptor
yang tergambar pada RPP
Kurang (K) : 1, jika hanya satu
deskriptor yang tergambar pada RPP
Skor maksimal = 28
Pesentase perolehan
skor = X 100%
Pesentase perolehan
skor = X 100 %
= 85,71 %
Nilai Yang diperoleh adalah : Tujuh Puluh Satu Koma Empat Puluh Tiga
Persen
Kriteria taraf
keberhasilan :
90% - 100% = Sangat Baik
80% - 89% = Baik
70% - 79% = Cukup
≤ 69% = Kurang
Sumber : (Ade
Rusliana, 2007:6)
Penilaian Pengamatan
Peningkatan Hasil Belajar IPS dengan Menggunakan Pendekatan Konstruktivis pada Siswa Kelas V SDN
49 Lareh Nan Gadang
Kecamatan Lintau Buo Utara
( dari Aspek Guru )
Petunjuk : Berilah tanda checklist ( √ ) pada
kolom yang diamati.
Aspek-Aspek yang Diamati
|
Deskriptor
|
Deskriptor yang muncul
|
Kualifikasi
|
|||
(4)
SB
|
(3)
B
|
(2)
C
|
(1)
K
|
|||
A Pengaktifan pengetahuan yang sudah ada
|
a.
Memotivasi siswa untuk belajar mengenal konsep materi
yang sesuai dengan indikator yang akan diajarkan
|
√
|
|
B
|
|
|
b.
Guru menghubungkan pengelaman konsep siswa tentang
perubahan daratan yang diketahui sebelumnya
|
√
|
|
|
|
|
|
c.
Guru menyuruh siswa mengemukakan ide dan gagasan
untuk menangggapi pertanyaan guru tentang kenampakan alam
|
√
|
|
|
|
|
|
d.
Menantang siswa untuk memperdalam materi yang pernah
mereka miliki dengan materi yang akan disajikan
|
√
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
4
|
|
|
|
|
|
B. Pemerolehan pengetahuan baru
|
a. Menugaskan siswa mencari
macam macam kenampakan alam dan contohnya
|
√
|
|
|
|
|
b . Menugaskan siswa mengamati gambar yang berkaitan
dengan kenampakan alam
|
√
|
|
|
|
|
|
c . Menyuruh
siswa membacakan hipotesanya ke depan kelas. Menugaskan siswa menyusun
hipotesa dari kenampakan alam
|
|
|
|
|
|
|
d.
Mengklasifikasikan hipotesa siswa tentang kenampakan alam
|
√
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
3
|
|
|
|
|
|
C. Pemahaman pengetahuan
|
a.
Membagi siswa atas 5 kelompok dan menugaskan kelompok untuk menunjuk ketua dan
sekretarisnya
|
√
|
|
|
|
|
b.
Menugaskan siswa membaca buku tentang kenampakan alam
|
√
|
|
|
|
|
|
c.
Menuntun siswa untuk memahami bacaan yang dibaca dari
buku sumber
|
√
|
|
|
|
|
|
d.
Membagikan LKS pada siswa dalam kelompok
|
√
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
4
|
|
|
|
|
|
D. Menerapkan pengetahuan dengan
pengalaman yang diperoleh
|
a.
Menugaskan siswa berdiskusi dengan anggota kelompok
mengisi LKS tentang kenampakan alam
|
√
|
|
|
|
|
b.
Membimbing siswa bekerja dan berdiskusi dalam
kelompok
|
√
|
|
|
|
|
|
c.
Berkeliling kelas sambil melakukan penilaian proses
pada siswa dalam bekerja kelompok
|
√
|
|
|
|
|
|
d.
Menuntun siswa diskusi kelompok dalam menafsirkan dan
mengisi lembar pengamatan
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
3
|
|
|
|
|
|
E. Refleksi
|
a.
Mendorong siswa untuk tampil berbicara membacakan
hasil lembar pengamatan kerja kelompok
|
√
|
|
|
|
|
b.
Membuka kesempatan kelompok lain untuk menanggapi
hasil tampilan kelompok
|
√
|
|
|
|
|
|
c.
Tidak memberikan tekanan kepada siswa yang mengalami kesulitan
dalam memberikan tanggapan hasil tampilan kelompok lain
|
|
|
|
|
|
|
d.
Menyimpulkan kenampakan alam dan mengajukan
pertanyaan untuk mempertegas dan memperjelas materi pelajaran
|
√
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
3
|
|
|
|
|
|
Jumlah
Akhir
|
17
|
|
|
|
|
|
Nilai
|
85 %
|
|
|
|
|
Skor maksimal = 20
Pesentase perolehan
skor = X 100%
Pesentase perolehan
skor = X 100%
= 85 %
Keterangan :
Sangat Baik (SB) = 4 jika empat deskriptor pada setiap
karakteristik pembelajaran yang nampak
Baik (B) = 3 jika tiga dari empat deskriptor pada masing-masing karakteristik
pembelajaran yang nampak
Cukup (C)
= 2 jika dua dari empat deskriptor pada
masing-masing karakteristik pembelajaran yang nampak
Kurang (K)
= 1 jika hanya salah satu dari
deskriptor pada masing-masing karakteristik pembelajaran yang nampak
Kriteria taraf
keberhasilan :
90% - 100% = Sangat Baik
80% - 89% = Baik
70% - 79% = Cukup
≤ 69% = Kurang
Sumber : (Ade
Rusliana, 2007:6)
Penilaian Pengamatan Peningkatan Hasil Belajar IPS dengan
Menggunakan Pendekatan Konstruktivis pada Siswa
Kelas V SDN 49 Lareh Nan Gadang
Kecamatan Lintau Buo Utara
( dari Aspek Siswa )
Petunjuk : Berilah tanda checklist ( √ ) pada
kolom yang diamati.
Aspek-Aspek yang Dinilai
|
Dsekriptor
|
Deskriptor yang muncul
|
Kualifikasi
|
|||
SB
(4)
|
B
(3)
|
C
(2)
|
K
(1)
|
|||
A Pengaktifan pengetahuan yang sudah ada
|
a.
Siswa terpancing untuk mengenai hubungan konsep
dengan indikator yang akan dipelajari
|
√
|
|
|
|
|
b.
Skemata siswa tumbuh dan bangkit atas
pertanyaan-pertanyaan yang diajukan guru seputar kenampakan alam yang ada di
lingkungan sekitar
|
√
|
|
|
|
|
|
c.
Pemahaman siswa tentang konsep kenampakan alam
ditinjau oleh guru
|
√
|
|
|
|
|
|
d.
Siswa merasa tertantang untuk memperdalam materi yang
pernah dimilikinya dengan materi yang akan disajikan
|
√
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
4
|
|
|
|
|
|
B Pemerolehan pengetahuan baru
|
a.
Secara seksama siswa mengamati gambar kenampakan alam
yang di ajarkan guru
|
√
|
|
|
|
|
b.
Siswa menyusun dugaan sementara tentang pengamatan
gambar macam – macam kenampakan alam dan contohnya
|
√
|
|
|
|
|
|
c.
Tanpa tekanan siswa membacakan hasil dugaan sementara
contoh kenampakan alam yang ada di Indoneisa
|
|
|
|
|
|
|
d.
Siswa melihat hasil pengklasifikasian guru tentang hipotesa
siswa di papan tulis
|
√
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
3
|
|
|
|
|
|
C.
Pemahaman pengetahuan
|
a.
Siswa sudah duduk berkelompok sekaligus membentuk
ketua dan sekretaris
|
√
|
|
|
|
|
b.
Siswa membaca buku sumber tentang kenampakan alam
|
√
|
|
|
|
|
|
c.
Siswa dibimbing guru memahami bacaan buku sumber
tentang kenampakan alam
|
|
|
|
|
|
|
d.
Siswa menerima lembar langkah kerja Kelompok dan
lembar pengamatan
|
√
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
3
|
|
|
|
|
|
D
Menerapkan pengetahuan dengan pengalaman yang diperoleh
|
a.
Siswa berdiskusi dalam kelompoknya masing - masing
|
√
|
|
|
|
|
b.
Siswa mendapat bimbingan dari guru dalam melaksanakan
diskusi dalam kelompok
|
√
|
|
|
|
|
|
c.
Siswa mendapat pengawasan guru yang berkeliling
melaksanakan penilaian proses
|
√
|
|
|
|
|
|
d.
Siswa dituntun guru dalam kelompok untuk berdiskusi
menafsirkan dan mengisi lembar pengamatan
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
3
|
|
|
|
|
|
E.
Refleksi
|
a.
Siswa berani tampil berbicara kedepan kelas
mengkomunikasikan hasil kerja kelompok
|
|
|
|
|
|
b.
Siswa berkesempatan memberikan tanggapan dan saran
pada kelompok yang tampil
|
√
|
|
|
|
|
|
c.
Siswa yang mengalami kesulitan dalam berkomunikasi
tanpa tekanan dapat bertanya jawab dengan siswa lain
|
√
|
|
|
|
|
|
d.
Siswa memperhatikan gambar untuk menjawab
pertanyaan-pertanyaan dari guru dalam menarik kesimpulan materi pembelajaran
|
√
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
3
|
|
|
|
|
|
Jumlah
Akhir
|
16
|
|
|
|
|
|
Nilai
Akhir
|
80%
|
|
|
|
|
Skor maksimal = 20
Pesentase perolehan
skor = X 100%
Pesentase perolehan
skor = X 100%
=
80 %
Keterangan
:
Sangat Baik (SB) = 4 : jika empat
deskriptor pada setiap karakteristik pembelajaran
yang nampak
Baik (B)
= 3 : jika tiga dari empat
deskriptor pada masing-masing karakteristik pembelajaran yang nampak
Cukup (C)
= 2 : jika dua dari empat
deskriptor pada masing-masing karakteristik pembelajaran yang nampak
Kurang (K)
= 1 : jika hanya salah satu dari
deskriptor pada masing-masing karakteristik pembelajaran yang nampak
Kriteria taraf
keberhasilan :
90% - 100% = Sangat Baik
80% - 89% = Baik
70% - 79% = Cukup
≤ 69% = Kurang
Sumber : (Ade
Rusliana, 2007:6)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar